BIOS Reset Setiap Restart

Alhamdulillah akhirnya setelah cukup lama tidak melatih diri merangkai kata menjadi sebuah tulisan, kali ini dapat memberikan sesuatu yang baru sebagai hidangan tak berarti dalam CITRO MDURO, semoga hidangan tak berarti ini dapat memberikan makna bagi pribadi penulisnya khususnya serta bagi para pembaca yang membutuhkan informasi tak penting ini.

Beberapa waktu lalu menulis tentang utility Disk Defragmenter yang disusul dengan tulisan tentang pemahaman manfaat Disk Defragmenter terhadap stabilitas performa computer sekalipun dengan logika sederhana berdasarkan kemampuan analisa yang dimiliki penulis.

Dengan berbakal pengalaman beberapa hari terakhir yang terjadi pada computer yang biasa menemani untuk berselancar melalui web browser dan mengumpulkan receh demi receh dari kegiatan blogging dan blogwalking. Beberapa minggu lalu computer mengalami reset BIOS setiap kali restart. Hal tersebut menyebabkan setting tanggal dan waktu selalu perlu penyesuaian secara manual.

Analisa awal permasalahan yang terjadi pada Motherboard bermerk ECS H61H2-M12 dengan BIOS American Megratrends V 2.14.1219 terletak pada C-MOS baterai yang sudah koit (aus). Melalui analisa awal tersebut usaha untuk mengganti C-MOS Baterai dengan yang baru, namun hal tersebut tidak memberikan pengaruh. Meskipun sudah dilakukan setting date and time pada konfigurasi awal BIOS setting, kejadian serupa masih terulang. Tanpa harus memutus aliran listrik, BIOS selalu mengalami reset, tentu saja hal tersebut sedikit bermasalah dengan booting computer yang memiliki dua harddisk. Meskipun pada boot sequence (device boot priority) sudah disetting sesuai HDD yang memiliki bootable tetap mengalami gagal booting (Boot Failure) setiap restart computer.

Percobaan kedua dengan mereset manual melalui jumper reset yang terdapat pada motherboard. Pengecekan pada konfigurasi BIOS terutama boot sequence untuk first boot device masih terletak pada HDD yang memang terpasang sebagai device storage tanpa boot master. Kejadian tersebut tentu sedikit merepotkan untuk dapat mengoperasikan computer dengan lancar tanpa ada kendala selanjutnya. Kendala yang terjadi dengan kesalahan setting date and time pada BIOS (C-MOS Wrong) mengakibatkan browser dihadang oleh security sertifikat.

Sedikit bingung sebetulnya untuk mengatasi masalah tersebut, beberapa upaya yang dilaukan berdasarkan sedikit pengetahuan teoritis tentang troubleshooting computer, mengganti baterai c-mos, reset bios melalui jumper namun tidak memberikan hasil yang memuaskan, bahkan hal tersebut gagal. Setting BIOS seakan sudah terkunci dengan parameter yang salah. Untuk tetap dapat mempergunakan computer tersebut, dengan sangat terpaksa setiap kali menyalakan harus melakukan setting BIOS sebelum berselancar menelusuri mesin pencari dan blogging untuk sekedar meletakkan link spam pada berbagai social media dan blog komentar.

Diantara keputus asaan dengan anggapan perlunya update BIOS, utak atik bios setup kembali dilakukan. Menu Restore Factory Default menjadi ancaman, walau sebetulnya bukan sebuah ancaman. He.. he.hee. !! dalam otak saya sudah ada asumsi gagal dengan merestore pada pengaturan pabrik, karena reset jumper yang pernah dilakukan juga tidak memberikan hasil pada langkah sebelumnya. Entah karena sebuah mukjizat atau analogi saya yang terlalu tumpul dengan menu restore factory default. Motherboard bermerk ECS H61H2-M12 dengan BIOS American Megratrends V 2.14.1219 dapat berfungsi dengan normal tanpa mengalami reset BIOS sekalipun dimatikan untuk jangka waktu lebih dari 10 jam.

Dengan kejadian tersebut banyak hikmah yang didapatkan, tenang dalam menghadapi permasalahan sambil mencari solusi dan penyelesaian yang terbaik, lakukan percobaan demi percobaan sekalipun hal tersebut merupakan kegiatan trial and error dan akhirnya computer kembali normal tanpa harus setup BIOS untuk mengatur boot device priority serta mengatur ulang tanggal dan waktu setiap kali menyalakan computer.

Sedikit pengalaman dengan computer super canggih yang saya miliki dengan spesifikasi super tangguh untuk ukuran dan kemampuan saya. Semoga pengalaman ini dapat bermanfaat bagi kita semua, keep smile and keep everything.
Terima kasih anda telah berkenan untuk melihat Blog CITRO MDURO dan membaca tulisan yang bertajuk BIOS Reset Setiap Restart, ataupun anda sekedar lewat karena tersasar dan terdampar pada tulisan tersebut. Kami sangat berterima kasih karena anda sudah berkenan walaupun mungkin sangat terpaksa. Silahkan tinggalkan jejak anda untuk menjalin silaturahmi, atau temukan yang anda cari melalui G O O G L E dan salam jabat erat dari PAMEKASAN MADURA

0 komentar:

Posting Komentar