Disk Defragmenter Utility and What Benefit It???

Diyakini atau tidak sistem yang berjalan pada mesin tertata secara teratur dan sangat tertib, sistem pengapian pada mesin sepeda motor, sistem komputer, ataupun pada sistem lain. Tidak sama halnya dengan sistem pemerintahan yang dapat berjalan sesuai kehendak keluar dari jalur sistem yang telah ditentukan.

Misalkan saja pada sistem komputer, setiap perintah yang dijalankan user akan dieksekusi oleh sistem berdasarkan kepentingan serta mendahulukan perintah yang pertama sebelum melanjutkan perintah sesudahnya. Tanpa harus memasang plat bertuliskan harap antri, sistem komputer otomatis akan memasukkan perintah demi perintah dalam daftar antrian. Jika user memaksakan kehendak maka akan terjadi penolakan dari sistem tersebut. Komputer akan hang atau tidak melaksanakan apa-apa. Bagaimana dengan sistem pemerintahan? User dapat menjalankan perintah demi perintah tak perduli dengan daftar antrian, proses dapat dipaksakan sesuai kehendak tanpa harus mengalami proses hang.

He.. he.... eh..e pada ngelantur nich, dari sistem komputer menjalan pada sistem pemerintahan yang tidak diketahui, sistem komputer aja masih mencoba memahami bagian kulit-kulit saja sudah mau bicara sistem tingkat tinggi yang sudah sulit dipahami kulitnya sahaja.

Yups, kembali pada topik seperti yang sudah direncanakan seperti tertera pada judul posting ini "Disk Defragementer Utility and What Benefit It?"  Entah benar atau salah penulisannya, yang penting maksudnya seperti itu sudah.

Disk Defragmenter kalau saya mengartikan dalam bahasa yang saya pahami melalui pengamatan proses beberapa waktu sebelum menulis posting ini adalah menyusun kembali file-file data yang terdiri dari ratusan atau bahkan ribuan jenis file pada tempat masing-masing sesuai dengan jenis file. Kalau diibaratkan dengan sistem sebuah perpustakaan, disk defragmenter mengembalikan buku-buku yang berserakan pada rak buku sesuai jenis buku yang sesuai, sehingga akan lebih mudah untuk proses pengambilan buku selanjutnya.

Begitu halnya dengan sistem komputer, apabila file kembali tersusun dengan rapi sesuai dengan jenis dan tempat masing-masing, proses eksekusi file akan lebih cepat ditemukan oleh sistem jika ada perintah dari user, sehingga kinerja komputer akan lebih cepat. Icrease Your Computer Performance.

Secara kebetulan sepertinya tanpa disengaja membuka-buka menu program file dan nyangkut pada menu accesories -- > system tools -- > disk defragmenter. Mencoba mengamati prosesnya yang cukup lama kurang lebih 20 menit untuk menghasilkan tulisan ini serta gambar berikut:
Disk Defragmenter
Kebetulan komputer berjalan dengan sistem operasi windows xp service pack 2. Dari gambar diatas sesuai pemahaman saya sebagai pemilik sekaligus penulis tidak berkaliber di CITRO MDURO, ada 4 bagian pada proses disk defragmenter tersebut. Warna merah adalah file-file yang akan dipindahkan, warna hijau file yang tidak dapat dipindah, sementara warna biru adalah file-file berlanjut atau file pada posisi seharusnya, sedangkan warna putih adalah lokasi kosong yang tersedia pada disk yang sedang di tata ulang.

Sebelum dan sesudah proses disk defragmen terlihat jelas perbedaannya. Garis-garis warna merah setelah proses penataan ulang file tidak seperti gambar sebelumnya. Banyak file yang dipindahkan. Apakah hal tersebut akan sangat berpengaruh terhadap performa komputer? Untuk menjawab secara pasti saya tidak dapat dan tidak mampu, namun secara logika akan sangat berpengaruh.

Seperti apa logika bahwa disk defragmenter mempengaruhi performa komputer? Berhubung waktunya sudah agak malam dan belum menghadap untuk sholat ashar, jawaban tersebut akan ditulis sebagai posting selanjutnya pad periode mendatang, syukur-syukur kalau sempat dirancang terlebih dahulu sehingga lebih terarah.

Akhirnya, sekian rangkaian kata kali ini, semoga pemahaman sekilas dapat memberikan manfaat bagi yang membutuhkan, serta mohon koreksi dari para ahli IT yang sempat tersesat disini jika ada kesalahan tentang hal tersebut. Terima kasih dan salam jabat erat dari pamekasan madura. Keep Blogging, Keep writing, Keep Sharing, and keep smile.
Sebagai penutup artikel kali ini, saya mengucapkan banyak terima kasih atas kesediaan para sahabat untuk mengunjungi Blog CITRO MDURO dan membaca tulisan yang bertajuk Disk Defragmenter Utility and What Benefit It???, walaupun bukan tulisan insiratif dan kurang inovatif yang dapat memberikan inspirasi bagi para pembaca ataupun anda sekedar lewat karena tersasar dan terdampar pada tulisan tersebut. Kami sangat berterima kasih karena anda sudah berkenan walaupun mungkin sangat terpaksa. Silahkan tinggalkan jejak anda untuk menjalin silaturahmi, atau temukan yang anda cari melalui G O O G L E dan salam jabat erat dari PAMEKASAN MADURA

0 komentar:

Posting Komentar