1 Feb 2024

Hitungan Formula Pembungaan Makro Mikro Komplit 2500 ppm

Hitungan Formula Pembungaan Makro Mikro Komplit 2500 ppm Secara umum pengaplikasian nutrisi tanaman dalam bentuk cair dengan bantuan alat sprayer baik itu elektrik maupun dengan pompa manual. GAT Sprayer 2 in 1 bisa menjadi pilihan atau disesuaikan dengan kondisi. Apapun merek yang ada bisa dipergunakan apakah itu alat semprot dengan harga ratusan ribu ataupun harga diatas satu juta, bahkan sekalipun tangki tersebut merupakan meminjam dari petani lain yang bersedia meminjamkan alat semprotnya. He he he he.... Tidak usah diambil pusing, yang terpenting adalah apa yang ingin kita berikan pada tanaman budidaya kita dapat terlaksana dengan cara yang sewajarnya dan semampunya tentu saja.

Beberapa waktu Lalu pernah sedikit menyinggung tentang hitung-hitungan Formula NPK dengan bidikan pupuk berkelas walau tidak sama persis, tentu tidak bisa disamakan dengan kualitas pabrikan yang mempergunakan teknologi super canggih dan merupakan hasil perhitungan dari mereka yang betul-betul memiliki kompetensi dibidangnya sehingga mereka dipekerjakan pada perusahaan bonafit yang khusus untuk membantu para petani untuk meningkatkan hasil pertanian baik secara kualitas maupun kuantitas hasil pertanian dan perkebunan. Sementara kita hanya mampu meniru dengan upaya mendapatkan hasil maksimal walaupun dengan penekanan biaya yang semaksimal mungkin. Konsep hukum dagang sepertinya tetap akan diterapkan dalam usaha budidaya tanaman. Modal kecil untuk menghasilkan yang besar. Bisakah hal tersebut????

Terlepas dari urusan dagang ataupun politik ekonomi pertanian, usaha tetap harus dilakukan dengan menekan biaya operasional untuk mendapatkan hasil maksimal yaitu sesuatu yang berkwalitas dengan kwantitas yang tiggi. Tidak terlalu muluk target petani secara umum yang penting dapur ngebul secara berkala dan berkesinambungan. Benarkah hal tersebut ????

Pembungaan atau perangsang keluarnya bunga pada tanaman yang sedang kita budidayakan. Secara umum berdasarkan teori penelitian yang sempat saya baca, pada saat pembungaan tanaman membutuhkan unsur Pospor dan Kalium yang lebih tinggi dibandingkan dengan Nitrogen, dan tentu unsur lain yang menunjang seperti calsium dan lain sebagainya juga sangat berperan penting dalam keberhasilan merangsang keluarnya bunga tanaman berbuah. Tidak ada salahnya jika teori tersebut kita ikuti karena sudah berdasarkan penelitian yang dilakukan para akedemisi maupun praktisi yang khusus meneliti hal tersebut, dan sesuai perkembangan jaman, teknologi dan pengetahuan kita juga tidak harus bersikukuh dengan pendapat konvensional bahwa sudah diatur oleh alam. Kita diberikan akal untuk berpikir dan berupaya secara lebih maksimal dan tetap berpegang teguh bahwa segala sesuatu sudah ada yang mengatur namun kita tetap harus berupaya yang terbaik dan semaksimal mungkin.
Hitungan Formula Pembungaan Makro Mikro Komplit 2500 ppm Jika memperhatikan gambar ilustrasi pada postingan kali ini diperoleh pola NPK 5-26-26 (N : 5%, P : 26%, K : 26%), S : 4%, Ca : 1%, Mg : 1% dan mikro komplit 1%. Jika sempat kita urai satu persatu masing-masing prosentase tersebut berdasarkan perbandingan beratnya. Terdapat juga target ppm dengan angka 2500. Entah apa maksud yang dapat diuraikan nantinya. He he he he

2500 ppm yang dimaksud adalah target aplikasi untuk tangka 15 liter. Bahan-bahan yang dipergunakan berdasarkan ilustrasi gambar tersebut antara lain : 
ULTRADAP 12 gr
KNO3 Putih 13 gr
MKP 15 gr
ZK 8 gr
MAG-S 5 gr
Kapur Bangungan/Kapur Sirih/Ca(OH2 1 gr
VITAVLEX 5 gr
TOTAL 53,73 gr
Berhubung saya juga kebingungan untuk menghitung ppm secara detail, maka tidak dapat saya uraikan satu persatu ppm dari masing-masing kandungan unsur bahan tersebut diatas. Berdasarkan hitungan matematis setelah tercampur semua bahan yang dimaksud dan dengn jumlah berat total kurang lebih 1 gram yang dapat diartikan dilarutkan dalam 1 liter air 1000 ppm, namun kandungan unsurnya hanya bisa dihitung sekitar 643 ppm makro mikro yang ada terdiri dari N, P, K, Ca, Mg, S, Fe, Cu, B, Mn, Zn, dan Mb. Sementara sisanya berupa zat pembawa yang bisa berupa C, H dan O yang memiliki prosentase lebih besar dibandingkan unsur-unsur yang lain, dan ini hanya sekedar logika berpikir saya saja dan sangat memungkinkan jauh dari benar. JIka kita aplikasikan 1 gram per liter dengan berat kurang lebih 15 gr untuk 15 liter air, maka aka diperoleh kurang lebih 640 ppm, dan jika ingin mengaplikasikan sekitar 2500 ppm maka jumlah pupuk perliter harus ditingkatkan menjadi kurang lebih 54 gram atau sekitar 3,6 gram per liter air. Sebagai penutup artikel kali ini, saya mengucapkan banyak terima kasih atas kesediaan para sahabat untuk mengunjungi Blog CITRO MDURO dan membaca tulisan yang bertajuk Hitungan Formula Pembungaan Makro Mikro Komplit 2500 ppm, walaupun bukan tulisan insiratif dan kurang inovatif yang dapat memberikan inspirasi bagi para pembaca ataupun anda lewat karena tersasar dan terdampar pada tulisan Hitungan Formula Pembungaan Makro Mikro Komplit 2500 ppm. Kami sangat berterima kasih karena anda sudah berkenan walaupun mungkin sangat terpaksa. Silahkan tinggalkan jejak anda untuk menjalin silaturahmi, atau temukan yang anda cari tentang Hitungan Formula Pembungaan Makro Mikro Komplit 2500 ppm dan salam jabat erat dari PAMEKASAN MADURA

5 comments

Anonim
21.6.23

Selamat siang bang .... semoga sehat selalu... izin bertanya bang, saya sudah downlod form exchel meracik pupuk, ketika target ppm saya masukkan dan pola npk sudah kenapa ppm perliter tidak berubah,, mohon infonya...

Anonim
5.10.23

Terima kasih mas sangat membantu

Kalau buat pekatannya gimana bang

@Anonim ppm per liter tidak berubah, karena itu ppm yang dihasilkan untuk perliter. Jika target ppm dirubah akan merubah target dosis per tangkinya.

@Smansa tumijajar misal total pupuk dilarutkan dalam 5 liter air, pekatannya 20%. Perliter pekatan mengandung 200 gr pupuk. Itu yang dapat saya pahami

Posting Komentar