22 Okt 2020

Mengenal Eco Enzyme Full Benefits, Cheap and Easy

Mengenal Eco Enzyme Full Benefits, Cheap and EasyBeberapa tulisan terakhir sedikit membahas tentang pertanian, padahal menjadi petani belum sukses pada salah satu jenis tanaman budi daya namun sudah memberanikan diri untuk menghadirkan tulisan dengan topik bahasan pertanian. Sebenarnya apa yang saya tuliskan bukan berdasarkan pengalaman penuh yang saya lakukan, hal ini sekedar hasil membaca berbagai referensi yang belum tereksekuksi sepenuhnya dan dijadikan postingan sekedar untuk menyimpan hasil belajar tersebut. Seperti halnya pada tulisan Memanfaatkan Bakteri Untuk Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Tanaman, tulisan tersebut masih berupa logika dan belum diterapkan secara maksimal. Dan setelah terus belajar dan mencari berbagai referensi dengan bertanya baik melalui media sosial maupun sekedar membaca ulasan dari para senior, ternyata memang bakteri atau mikroba tersebut dapat membantu tanaman untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya, dengan catatan mikroba tersebut harus mendapatkan suplay kebutuhannya sendiri yang memadai, sehingga kita sebagai petani harus memberikan nutrisi yang cukup kepada mikroba dan bakteri tersebut sehingga dapat memberikan yang terbaik bagi tanaman.

Belum lagi berhasil memperbanyak koleksi mikroba yang dimiliki seperti PGPR, eh sudah ketemu dengan sebuah teknik baru menurut saya sekalipun hal tersebut bukan merupakan sesuatu yang baru keberadaannya. Sesuatu yang beru bagi saya tersebut adalah ECO-ENZYME. Jika kita mencoba menelusuri kata kunci tersebut, banyak produk yang mengandung bahan aktif eco enzyme yang memiliki banyak keunggulan dan sangat ramah lingkungan. Baik dalam pengharum ruangan, pembersih lantai, maupun produk-pdoruk lain bahkan dalam produk pertanian organik sebagai salah satu pupuk organik.

Sedikit kita bahas tentang Eco Enzyme. Eco-Enzyme dikembangkan oleh Dr. Rosukon Poompanvong, beliau adalah pendiri asosiasi pertanian organik Thailand yang melakukan penelitian sejak tahuan 1980-an, dan diperkenalkan secara lebih luas oleh Dr. Joean Oon, seorang peneliti Naturopathy dari Penang, Malaysia. Sebenarnya apa eco-enzyme tersebut?

ECO-ENZYME merupakan cairan multiguna yang berfungsi untuk mempercepat reaksi bio kimia di alam untuk menghasilkan enzim yang berguna dan aplikasinya meliputi rumah tangga, pertanian dan juga peternakan. Menurut refenrensi yang saya baca Eco-Enzyme dapat dipergunakan sebagai pembersih udara, hal ini karena cairan tersebut dapat melepaskan gan ozon (O3) yang dapat mengurangi Karbondiaoksida (CO2). Cairan multiguna ini memiliki banyak manfaat sehingga dalam judul saya memberikan Full Benefit yang bisa dimanfaatkan sebagai pembersih udara, insektisida, antiseptik, perawatan tubuh, pupuk dan masih banyak tentunya manfaat yang lainnya.

Cheap atau murah karena dalam teknik pembuatannya tidak dibutuhkan modal yang besar serta peralatan yang canggih kecuali untuk prdouksi masal serta kebutuhan pengujian lebih lanjut. Dengan memanfaatkan sampah yang kita hasilkan dalam kehidupan kita sehari-hari seperti sampah buah, sayuran dan bahan organik lainnya.

Mudah karena tidak membutuhkan teknik yang ribet untuk dapat menciptakan cairan multifungsi dan multiguna tersebut. Namun jika akan digunakan untuk perawatan tubuh atau kebutuhan dalam kehidupan sehari-hari kita harus memperhatikan kebersihan bahan, peralatan dan proses pembuatannya.

Secara singkat Eco-Enzyme dapat dibuat dengan bahan-bahan seperti sisa buah-buahan yang tidak dikonsumsi, kulit buah, sisa sayuran. Cuci bersih sampah tersebut dan cacah menjadi bagian yang halus. Komposisi dasar pembuatan Eco-Enzyme adalah 1 : 3 : 10. 1 bagian gula, 3 bagian sisa buah/sayuran, dan 10 bagian air. Bahan-bahan tersebut disimpan selama 3 bulan dalam wadah tertutup yang terbuat dari plastik.

Namun kita harus sabar dan telaten dalam melakukan untuk mendapatkan hasil yang baik. Jika kita dapat memanfaatkan bahan-bahan sisa yang jika dibuang dapat menyebabkan polusi, kita coba untuk menguranginya dengan menjadikan sesuatu yang lebih bermanfaat dan dari hasil penelitian dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil pertanian. Berani membaca harus berani mencoba, dan ini adalah sebuah tantangan bagi saya. Semoga dapat melaksanakannya dan berbagi bagi lingkungan sekitar. Sebagai penutup artikel kali ini, saya mengucapkan banyak terima kasih atas kesediaan para sahabat untuk mengunjungi Blog CITRO MDURO dan membaca tulisan yang bertajuk Mengenal Eco Enzyme Full Benefits, Cheap and Easy, walaupun bukan tulisan insiratif dan kurang inovatif yang dapat memberikan inspirasi bagi para pembaca ataupun anda lewat karena tersasar dan terdampar pada tulisan Mengenal Eco Enzyme Full Benefits, Cheap and Easy. Kami sangat berterima kasih karena anda sudah berkenan walaupun mungkin sangat terpaksa. Silahkan tinggalkan jejak anda untuk menjalin silaturahmi, atau temukan yang anda cari tentang Mengenal Eco Enzyme Full Benefits, Cheap and Easy dan salam jabat erat dari PAMEKASAN MADURA

Posting Komentar