25 Jan 2023

Sekedar Cerita tentang GAT 2 in 1 Sprayer

Mempergunakan pupuk cair apakah itu organik yang dibuat berdasarkan proses fermentasi ataupun dengan berbagai metode yang dapat kita praktekkan melalui tutorial yang mudah kita temukan dengan memanfaatkan teknologi komunikasi internet jaman sekarang, maupun pupuk sintetis yang dapat dibeli langsung melalui toko pertanian ataupun secara online melalui online shop, atau bahkan mungkin mengkreasikan pupuk sintetis dengan proses fermentasi bersama bahan organik lainnya. Tentu hal tersebut tidak lepas dari alat bantu yang memberikan kemudahan serta efisiensi dalam proses aplikasi nutrisi tersebut. Perangkat tersebut tidak asing lagi bagi para petani dan pekebun yang dikenal dengan alat semprot atau dalam bahasa konvensional disebut dengan sprayer. Begitu juga untuk mengaplikasikan hasil seperti yang dituliskan pada posting terdahulu PGPR Berbasis Bakteri Nitrifikasi (Nitrobacter) Tidak Steril
Sekedar Cerita tentang GAT 2 in 1 Sprayer Ilustrasi Gambar Citro Mduro
Bahkan untuk aplikasi herbisida juga diperlukan alat bantu semprot sehingga hasil yang diperoleh lebih maksimal, apakah hal tersebut berupa produk pabrikan ataupun herbisida hasil perbanyakan.

Sekedar Cerita tentang GAT 2 in 1 Sprayer bukanlah untuk mengupas tentang spesifikasi, kehandalan serta kelemahan yang tersemat pada produk tersebut. Membahas tentang spesifiksi tentu jika kita membeli produk tersebut spesifikasinya sudah tertera dalam kemasan (kardus) atau bahkan ada manual book dalam produk tersebut. Entahlah apakah manual book serta buku garansi saya dapatkan waktu membeli produk tersebut.

Dilengkapi dengan beberapa jenis spuyer ada spuyer 2 kepala mode kabut tidak bisa diatur, satu kepala kabut lurus bisa diatur kabut dan tajam, serta spuyeryang berlobang 7 dan tidak dapat diatur. Bagi yang suka super kabut spuyer bawaan sepertinya kurang pas karena dari hasil pengalaman untuk spray super kabut lebih bagus mempergunakan spuyer yang terbuat dari bahan kuningan. Baik yang 5 lubang ataupun 7 lubang menghasilkan semburan kabut yang halus dan didukung dengan kemampuan dinamo pompa sprayer GAT 2 in 1 tersebut. Jika mempergunakan spuyer 1 lubang maka harus disesuaikan kekuatan pompa dengan mengatur volume yang terdapat pada tangki.

Seiring waktu sesuai intensitas operasional yang bisa dikatakan setiap minggu turun ke lahan dengan luas lahan yang tidak seberapa, minimal alat semprot tersebut dipergunakan dengan kapasitas 2 sampai 5 tangki dalam satu minggu. Tidak dapat dipungkiri setelah usia kurang lebih dua tahun ada masalah yang timbul. Permaslahan pertama yang didapat adalah aki yang tidak dapat bertahan lama dan harus ganti dengan aki yang baru dengan kapasitas 8 Ampere 12 volt. Perawatan perlu dilakukan dengan tidak mempergunakan alat semprot sampai daya dalam aki betul-betul habis. Melakukan pengisian ulang arus aki sangat diperlukan untuk memperpanjang masa pakai aki.

Tidak terlalu lama berselang setelah penggatian aki, masalah baru timbul yaitu daya dorong pompa terasa kurang kuat dan hasil kabut pada spuyer tidak seperti yang diharapkan, bahkan terkesan kasar keluarnya semburan. Sedikit modifikasi pada bagian diafragme dinamo bisa mengatasi masalah tersebut. Dorongan kembali bagus setelah memberikan lapisan tipis pada pendorong diafragma pompa. Namun sayang hal tersebut tidak bertahan lama dikarenakan adanya kebocoran pada selang dari tangk menuju pompa sehingga membasahi dinamo, awalnya sekedar putaran dinamo terasa berat karena laher mengalami karat dan akhirnya harus diganti dengan pompa dinamo yang baru. Pilihan jatuh pada Red Hiu disesuaikan dengan ketersediaan dana waktu itu.

Sewaktu mengganti pompa dinamo sekaligus mengganti saklar dan potensio kontrol. Kalau tidak salah harga potensio kontrol sprayer elektrik 15 ribu belum termasuk ongkir. Untuk saklar saya mempergunakan double saklar. Bukan berarti mempergunakan dua saklar, tapi saya mempergunakan saklar yang memiliki kode I dan II. Dengan menggunakan saklar model tersebut tujuan saya untuk membedakan saklar ketika mempergunakan arus full menuju dinamo tanpa filter potensia, sementara pada arah satunya dipergunakan dengan filter tegangan masuk memalui potensio kontrol. Hal tersebut tidak harus dilakukan, hanya sekedar iseng mencoba melakukan modifikasi kecil pada peralatan semprot yang saya miliki.

Apa yang saya tuliskan pada kesempatan kali ini hanyalah Sekedar Cerita tentang GAT 2 in 1 Sprayer yang sudah menemani serta membantu saya setiap aplikasi pupuk cair pada tanaman yang saya budidayakan. Hampir 4 tahun sudah rutin seminggu sekali turun ke lahan plus ketika dipakai oleh petani lain yang belum menyediakan alat bantu untuk melakukan penyemprotan. Cukup lama menemani dan memberikan kemudahan kerja bagi saya serta ada duka ketika tangki masih penuh jatuh terjerembab di lahan berlumpur dengan gendongan air sekitar 16 liter ditambah berat tangki. Terkadang tersenyum mengingat hal tersebut, dan ternyata memang untuk mendapatkan sebulir padi bukanlah sesuatu yang mudah. Dibutuhkan ketekunan, kesabaran dan kedisiplinan. Bukan hanya orang kantor ataupun prajurit yang harus disiplin, petani juga sangat membutuhkan kedisiplikan. Sedikit lengah maka serang OPT sulit untuk dikendalikan. Mencegah lebih baik dari ada mengobati.

Jaga kebersihan peralatan dari bahan-bahan yang dapat menyumbat lubang sprayer serta jaga kebocoran yang dapat membasahi dinamo juga bagian kelistrikan alat semprot. Insya Allah peralatan akan lebih lama untuk dipergunakan, dengan harapan segala upaya yang kita lakukan mendapatkan nilai ibadah dengan hasil panen yang melimpah dan petani sejahtera walau .............
Sebagai penutup artikel kali ini, saya mengucapkan banyak terima kasih atas kesediaan para sahabat untuk mengunjungi Blog CITRO MDURO dan membaca tulisan yang bertajuk Sekedar Cerita tentang GAT 2 in 1 Sprayer, walaupun bukan tulisan insiratif dan kurang inovatif yang dapat memberikan inspirasi bagi para pembaca ataupun anda lewat karena tersasar dan terdampar pada tulisan Sekedar Cerita tentang GAT 2 in 1 Sprayer. Kami sangat berterima kasih karena anda sudah berkenan walaupun mungkin sangat terpaksa. Silahkan tinggalkan jejak anda untuk menjalin silaturahmi, atau temukan yang anda cari tentang Sekedar Cerita tentang GAT 2 in 1 Sprayer dan salam jabat erat dari PAMEKASAN MADURA

Posting Komentar