Si Cantix Berwajah Trojan Bersarang Di Komputer Cantikku

Origin EON17-SMemahami unique content maupun search query telah berlalu tanpa kepahaman yang berarti. Pemahaman belum maksimal tentang kedua maksud tersebut, ternyata sesuatu yang menamakan dirinya si Cantix dengan dear diarynya telah bersarang di dalam harddisk.

Virus ini menyerang mematikan beberapa fungsi dan menjalankan script yang menjadikan kinerja komputer terasa lambat, terlebih pada start up. Jika dilihat pada kejadian komputer, setiap folder yang terdapat pada harddisk akan menggandakan diri dengan sebuah folder baru mengikuti penggandaan tersebut. Satu folder yang cukup nyeleneh dan bisa memancing pengguna untuk melakukan klik dengan nama Foto Bugil.  Terlebih komputer yang dipergunakan banyak user, melihat folder tersebut sempat berpikiran siapa gerangan yang telah mengcopykan file tidak senonoh ini kedalam harddisk dan ditempatkan pada posisi terbuka. Tanpa disadari kita akan klik untuk sekedar melihat isi walau kemudian akan melenyapkan folder dan isinya dari komputer kita.

Tanpa kesadaran dengan klik folder yang sebenarnya berupa shorcut mengarah pada script windows, akan menjadikan si Cantix Beraksi untuk berkembang biak. Pekembang biakan yang luar biasa, semakin banyak konstruksi folder, maka akan semakin banyak perkembang biakan dari trojan tersebut.

Melihat kejadian aneh setiap menyalakan komputer dengan pesan error dalam beberapa windows, dan pesan deteksi malware dari Free Avast Anti Virus, berpikir ada apa gerangan. He.. he.. ternyata si cantik telah berkembang biak dan menginfeksi, berusaha untuk mengatasi hal tersebut sebelum mengutak-atik blog ini meskipun sekedar menulis suatu hal yang tidak dapat dipahami oleh penulis, terlebih pembacanya ya.....

Sesuatu masih beruntung meskipun dengan freeware Avast Anti Virus masih dapat mengatasi permasalahan tersebut.Yups bagaimana langkah mengatasi permasalahan tersebut? Udah jangan perdulikan gambarnya, itu kan memang laptop mahal dan pasti cantik dong, sekarang langkah yang saya lakukan menghadang file-file trojan terus berkembang biak.
  1. Matikan atau bikin mandul trojan tersebut, tentu harus update antivirus yang dipergunakan, kebetulan saya terlambat update Avast Anti Virus beberapa hari. Kalau sudah aktif tentu akan mandul dech itu si Cantix Trojan.
  2. Trojan tersebut berjalan dari awal, sehingga kita harus menghentikan permulaannya. Dengan menghentikan beberapa proses stratup melalui msconfig yang dijalankan melalui fasilitas run. Startup yang saya matikan adalah startup yang menjalankan file wscript.exe. Hentikan semua yang mengarah pada file tersebut pada proses startup. Klik oke jika udah selesai. Hups jangan langsung restart, aktifkan scan boot dari Avast, nah ini kelebihan dari avast. Tentu prosesnya agak lama tergantung jumlah file dan performa komputer kita tentunya.
  3. Pada tahap kedua sebetulnya Si Cantix sudah tidak lagi beraksi setelah proses scan boot dan startup, namun masih ada file shortcut yang biasa menggangu. Hapus saja semua file tersebut.
    • Jalankan fasiitas search
    • Search all file and folder
    • aktifkan search hidden file, karena pada folder dengan atribut hidden akan ada juga
    • ketikkan *.lnk sintak eh atau apasih namanya untuk mencari semua file di segala tempat dengan extensi lnk merupakan ekstensi dari shortcut.
    • Hapus segala hasil/result dengan icon mirip folder berwarna kuning, karena sebetulnya itulah shortcut yang mengarah pada script dari windows
    • Lakukan pencarian dengan file desktop.ini, disini sintax script virus disimpan. Akan ada beberapa variasi hasil pencarian, file yang dipergunakan mempergunakan nama file dengan huruf kecil. Namun setelah dilakukan scan boot, file ini berupa file kosong dan mandul tidak dapat berkembang biak.
  4. Langkah selanjutnya adalah mengembalikan folder-folder yang disembunyikan si cantik
Berhubung sudah panjang tulisan ini, tentang mengembalikan hidden file Insya Allah akan di sharing pada posting selanjutnya, penting atau tidak penting yang penting sharing. he. he.. he.. semoga bermanfaat.

Note: Lakukan update rutin dari anti virus yang dipergunakan, terlebih komputer yang dipergunakan untuk online, malware senantiasa selalu mengintai dan mencari titik lemah untuk masuk, bersarang dan berkembang biak seperti si Cantix
Terima kasih anda telah berkenan untuk melihat Blog CITRO MDURO dan membaca tulisan yang bertajuk Si Cantix Berwajah Trojan Bersarang Di Komputer Cantikku, walaupun bukan tulisan insiratif dan kurang inovatif yang dapat memberikan inspirasi bagi para pembaca ataupun anda sekedar lewat karena tersasar dan terdampar pada tulisan tersebut. Kami sangat berterima kasih karena anda sudah berkenan walaupun mungkin sangat terpaksa. Silahkan tinggalkan jejak anda untuk menjalin silaturahmi, atau temukan yang anda cari melalui G O O G L E dan salam jabat erat dari PAMEKASAN MADURA

0 komentar:

Posting Komentar