Mencoba Memahami Search Query Google Webmasters Tools

Alhamdulillah hari ini bisa kembali update posting setelah kemaren sempat lupa kalau umur domain yang dipergunakan blog ini setahun lebih. Apakah akan tetap bertahan, atau akan hilang pada tahun mendatang? Tidak dapat dipastikan, yang bisa dipastikan sesuai dengan posting beberapa waktu lalu tentang hidup adalah saat ini. Apakah blog ini akan tetap bertahan dengan costum domain, atau akan berubah begitu saja entah kemana. Yang penting saat ini masih aktif, berusaha berbagi apa adanya.

Mumpung masih ada kesempatan dan blog ini masih aktif, berbagi saat ini adalah memahami Search Query pada salah satu menu google webmasters tools. Asumsinya adalah blog sudah terdaftar pada webmasters sehingga menu tersebut dapat terekam. Memang butuh waktu untuk mendapatkan rekaman tersebut. Satu atau mungkin dua bulan atau bahkan lebih sebuah blog akan dapat terekam pada seach query google webmasters. Rekaman perjalanan blog ini dengan beberapa puluh posting yang dimiliki kurang lebihnya seperti gambar berikut:
Citro Mduro
Sekarang mencoba memahami maksud dari gambar diatas.

Queries.  Angka yang tertulis pada bagian queries menunjukkan jumlah kata yang terjaring pada mesin pencari dan mengarah pada blog kita. Jika kita mencoba mengoptimasikan, kata yang berhasil terjaring adalah keyword yang sesungguhnya dimiliki blog kita. Semakin banyak angka tersebut berarti semakin banyak pula variasi kata yang dicrawl laba-laba dan mengarah pada blog kita.

Impression : Angka yang tertulis pada nilai impresion jika saya tidak salah menafsirkan, angka tersebut seberapa banyak kata yang masuk dalam query ditayangkan pada hasil pencarian. Semakin tinggi angkanya, maka asumsinya semakin sering blog kita ditayangkan pada mesin pencari dengan kata kunci yang terdapat pada query.

Clicks : Angka yang tertulis pada bagian ini menunjukkan seberapa banyak klik pada hasil pencarian sebuah kata kunci yang membawa pengunjung pada blog kita.

Sementara pada grafik dibawahnya, memberikan detail tetang impresion dan klik per waktu sesuai tanggal.

Untuk blog ini rata-rata jumlah klik kurang dari 10, pantas kalau diperhatikan dengan impresion tinggi trafik masih juga rendah. bisa disebabkan karena relevansi kata kunci yang tidak sesuai atau karena memang penayangan tersebut berada pada halaman belakang.

Untuk mengetahui peringkat sebuah kata kunci dari blog kita, dapat dilihat pada bagian bawah, scroll halaman dan lihat pada bagian average position. Namun terkadang jika kita cek kata kunci tersebut tidak kita temukan pada 10 halaman pertama, atau bahkan sampai 100 halaman pertama, mungkin disebabkan pergantian posisi dengan blog lain dengan topik bahasan serupa.

Semoga pemahaman sederhana ini memberikan titik kedekatan pada arah yang benar, karena jujur saya tidak mencari referensi terlebih dahulu, pemahaman berdasarkan apa yang ada dalam pengertian otak saya. Mohon maaf dan mohon diluruskan jika merupakan sebuah kekeliruan.
Sebagai penutup artikel kali ini, saya mengucapkan banyak terima kasih atas kesediaan para sahabat untuk mengunjungi Blog CITRO MDURO dan membaca tulisan yang bertajuk Mencoba Memahami Search Query Google Webmasters Tools, walaupun bukan tulisan insiratif dan kurang inovatif yang dapat memberikan inspirasi bagi para pembaca ataupun anda sekedar lewat karena tersasar dan terdampar pada tulisan tersebut. Kami sangat berterima kasih karena anda sudah berkenan walaupun mungkin sangat terpaksa. Silahkan tinggalkan jejak anda untuk menjalin silaturahmi, atau temukan yang anda cari melalui G O O G L E dan salam jabat erat dari PAMEKASAN MADURA

0 komentar:

Posting Komentar