Menyibak dan Mencoba Mengeskplorasi Komposisi dan Kandungan Nutribird A21

Nutribird A21 sekarang ini cukup terkenal diantara para peternak lovebird. Sudah banyak yang membuktikan kehebatan pakan lolohan import yang satu ini dalam proses pembesaran anakan lovebird, khusunya juga kesehatan anakan burung. Tak heran jika ketersediaan stok juga sepertinya menipis, harganya juga semakin melambung. Sudah merupakan konsep ekonomi dari jaman sekolah dulu saya kenal, permintaan meningkat, sementara stok menipis makan akan mengalami perubahan harga jual. Namun pada kesempatan kali ini saya tidak akan membahas teori ekonomi serta teori perdagangan nutribird yang setiap hari sepertinya mengalami peningkatan harga dan kelangkaan barang. Sementara para peternak besar dengan burung peliharaan adalah burung berkelas sudah pada memborong produk import tersebut sebagai stok untuk beberapa bulan kedepan.

Bagaimana bagi para peternak lovebird sayur? Mengingankan kesehatan anakan yang baik dan pertumbuhan yang bagus juga. Tentu berpikir dua kali lipat untuk mempergunakan Nutribird A21 produk Belgia tersebut. Alasannya bukan tidak mau untuk mempergunakan barang berkualitas, namun sisi ekonomisnya yang tidak memadai. Dalam artian nilai jual burung tidak berbanding lurus dengan harga pakan lolohan. Sebagai solusinya adalah mempergunakan pakan lolohan alternatif, yaitu pakan lolohan hasil racikan sendiri, atau mempergunakan makanan balita pengganti asi. Harga memang lebih murah karena dapat di beli dalam kemasa sachet yang lebih ekonomis.
pakan lolohan lovebird racikan Citro Mduro

Bisakah jika meracik sendiri pakan lolohan lovebird dengan kualitas tidak kalah jauh dengan pakan lolohan import tersebut? Saya yakin bisa. Kita bisa membuat pakan lolohan lovebird racikan sendiri dengan kualitas yang tidak jauh beda dengan Nutribird A21. Tapi sebelumnya saya pastikan bahwa tulisan ini sekedar dokumentasi pencatatan eksperimen yang saya lakukan. Sementara hasilnya dalam posting yang Insya Allah berkelanjutan.

Langkah apa yang harus dilakukan untuk membuat pakan lolohan racikan dengan kualitas tidak jauh beda dengan pakan lolohan import bermerk Nutribird A21?

Langkah awal yang saya lakukan adalah membaca komposisi nutribird yang tertera pada kemasannya, serta membaca kandungan nutrisi yang ada didalamnya. Sambil memegang kemasan tersebut saya berselancar menelusuri dunia maya. Yang saya cari bukan cara membuat Nutribidrd, tapi saya cari bahan makanan yang mengandung nutrisi yang terkandung dalam kemasan tersebut. Setelah beberapa lama akhirnya saya mendapatkan sebuah kesimpulan dari apa yang saya telusuri satu persatu tersebut. Kesimpulannya adalah bahan yang mengandung nutrisi seperti yang terkandung dalam Nutribird seperti yang tertera dalam kemasannya banyak kita temukan di sekitar kita, bahkan ada sebagian yang berada cukup dekat dengan kita. Salah satu kandungan yang terdapat dalam pakan lolohan impor tersebut adalah Methionine dan Lysine(Wikipedia). Sementara pada kemasan masuk pada komposisi bahan. Dua bahan tersebut banyak terkandung dalam buah-buahan, bayam, daging, kedelai, jagung, bawang putih, dan lain sebagainya. Kalau kita telusuri satu persatu bahan-bahan tersebut juga banyak mengandung vitamin dan mineral. Nah dari situlah kesimpulan yang dapat saya tarik.

Kesimpulannya adalah mencampur beberapa bahan dan dilakukan pemecahan nutrisi yang terkandung di dalamnya sehingga mudah diserap oleh tubuh anakan lovebird dengan mempergunakan teknik pakan fermentasi. Kita dapat mempergunakan bahan-bahan yang murah namun saya yakin menghasilkan sesuatu yang berkualitas. Bahan-bahanya adalah mellet/kenari set (1 gelas). 2 siung bawang putih, 3 lembar daun sirih, separuh buah mengkudu/pace, jika ada tambahkan juga tepung ikan, tepung tulang sotong masing-masing satu sendok makan.

Cara pengolahanya, blender biji melet/kenari set sampai betul-betul halus. Blender juga bahan-bahan yang lain sampai betul-betul halus. Setelah semua bahan dihaluska dan betul-betul halus, campur semua bahan dalam satu wadah (panci) dan tambahkan air secukupnya. Aduk sehingga semua bahan tercampur rata seperti akan membuat bubur. Masak adonan tersebut sampai mengental. Setelah dimasak jadilah bubur dari campuran bahan-bahan seperti disebutkan diatas.

Selanjutnya biarkan bubur tersebut dingin, setelah dingin campurkan probiotik (silahkan pergunakan produk sesuai minat anda) sesuai takaran yang dianjurkan. Saya mempergunakan Nitrobacter karena dari hasil penelusuran nitrobacter terbuat dari bacteri tunggal yang lebih baik dan efektif (katanya sich). Setelah tercampur rata dengan probiotik (Lactobacillus sp/lainnya) masukan dalam wadah rapat untuk proses fermentasi an aerobnnya seperti membuat tape. Masing-masing probiotik memiliki aturan main tersendiri.

Bagaimana hasil pakan lolohan fermentasinya? Saya belum bisa memberikan gambaran hasilnya, karena yang saya lakukan masih dalam proses fermentasi dalam toples tertutup rapat. Untuk hasil Pakan Lolohan Anakah Lovebird Racikan Sendiri, Insya Allah akan berlanjut dalam dokumentasi selanjutnya.
Sebagai penutup artikel kali ini, saya mengucapkan banyak terima kasih atas kesediaan para sahabat untuk mengunjungi Blog CITRO MDURO dan membaca tulisan yang bertajuk Menyibak dan Mencoba Mengeskplorasi Komposisi dan Kandungan Nutribird A21, walaupun bukan tulisan insiratif dan kurang inovatif yang dapat memberikan inspirasi bagi para pembaca ataupun anda sekedar lewat karena tersasar dan terdampar pada tulisan Menyibak dan Mencoba Mengeskplorasi Komposisi dan Kandungan Nutribird A21. Kami sangat berterima kasih karena anda sudah berkenan walaupun mungkin sangat terpaksa. Silahkan tinggalkan jejak anda untuk menjalin silaturahmi, atau temukan yang anda cari tentang Menyibak dan Mencoba Mengeskplorasi Komposisi dan Kandungan Nutribird A21 dan salam jabat erat dari PAMEKASAN MADURA

2 comments:

  1. thanks for sharing

    thanks for sharing 082210743003 / 2BF0841D jual obat penggugur kandungan

    obat aborsi

    obat telat bulan

    obat penggugur

    jual obat aborsi

    obat aborsi termurah

    ReplyDelete
  2. Anonymous04:09

    ada2 saja, sejak kapan burung makan bawang dan daun sirih??? belum dicoba udah berani menulis, penyesatan namanya ini.

    ReplyDelete