Membandingkan Dua Sistem Operasi Windows

Alhamdulillah pagi hari sebelum beraktifitas lainnya masih diberi kesempatan untuk menulis dan sedikit cerita melalui blog tercinta ini. Sebuah blog sederhana dengan platform gratis bertajuk CITRO MDURO. Apa yang akan diceritakan pada kesempatan kali ini bukan seputar SEO ataupun bisnis online. Hal tersebut dikarenakan tentang kelesuan masalah Search Engine Optimization dan online business yang dialami. Namun sepertinya tidak terlalu jauh menyimpang dari yang biasa dituliskan sebagai topik utama blog ini. Seputar perangkat yang dipergunakan untuk berselancar menghibur diri dan mengais rejeki melalui dunia online.

Berselancara di dunia maya tentu tidak lepas dari perangkat komputer ataupun gadget pintar yang lebih populer dengan nama smartphone. Pada kali ini tentu bukan smartphone yang akan diceritakan karena memang tidak ada gadget pintar yang berada pada genggaman selama ini. Perangkat yang biasa dipergunakan untuk berselancar mengisi tulisan pada blog ataupun mencari informasi untuk di copas adalah sebuah PC yang mungkin sudah cukup ketinggalan. Pada tulisan ini sedikti performa yang akan disajikan sebagai bahan update posting blog ini.

Personal Computer dengan spesifikasi standar yang sudah lebih dari cukup menurut ukurang kantong dan kebutuhan saya seputar grafis kecil dan ketik mengetik. Dual Core Sandy Bridge 2,5 GHz menjadi kekuatan utama yang tertanam pada sebuah papan EliteGroup yang tidak saya kenal jelas tipenya. Untuk penyimpanan dipergunakan 2 buah Sata Harddrive 80 dan 160 GB. Pada masing-masing Hard Drive terinstall Operating System yang berbeda walau terus terang saya mempergunakan bajakan. Unuk mendukung dan memberikan power ditancapkan satu keping RAM 4GB. Spesifikasi sederhana untuk ukurang perangkat masa kini, namun sudah sangat sesuai dengan ukuran kantong dan kebutuhan saya.

Nah bagaimana dengan perbandingan dua sistem operasi tersebut? Kita mulai dari versi yang lebih tinggi sebagai ulasan lebih awal.

Microsoft Windows 7 Unltimate 64 Bit
Microsoft Windows 7 Unltimate 64 Bit
Win 7 Unltimate Properties
Untuk OS ini terinstal pada harddrive 80 GB yang terbagi menjadi dua kamar (Partisi). Berdasarkan laporan performace yang dimiliki oleh sebuah sistem operasi didapatkan tangkapan gambar seperti berikut dengan aplikasi Smart Dealer dan Firefox 20 yang terbuka waktu melakukan pengecekan performa computer
Windows 7 Ultimate 64 Bit Performance
Windows 7 Ultimate 64 Bit Performace
WIndows XP Profesional SP 2
WIndows XP Profesional SP 2 Properties
Windows XP Profesional SP 2 Properties
Untuk OS yang satu ini saya install pada pada harddrive yang berkapasitas 160GB dipecah menjadi 3 kamar (Partition). Untuk melakukan pengecekan performance komputer dengan spesifikasi yang sama, aplikasi yang dibuka sama seperti halnya melakukan pengecekan pada windows 7. Masih memakai acuan firefox 20 dan aplikasi modem si anti lelet.
Windows XP Profesional SP 2 Performace
Kesimpulan

Dari  screenshoot gambar seperti diatas, Untuk pembacaan RAM lebih maksimal dengan windows 7 ultimate 64 bit, dari 4 GB yang terinstall terbaca sebesar 3,90 Gb sementara sisanya kemungkinan share dengan graphic adapter yang on board. Sementara dengan OS Windows XP Profesional SP 2 RAM terbaca sebesar 3,40 GB, kemana yang 0,6 GB. He.. he..

Tapi dari hasil analisa performace untuk aplikasi yang sama yaitu Mozilla Firefox 20 dan Aplikasi modem untuk win 7 dipergunakan resource sebesar 10% procesor dipergunakan dan 1,39 GB RAM yang terpakai, sementara untuk Windows XP hanya butuh resource prosesor sebesar 2% dan kurang dari setengah Giga Byte Resource RAM.

Untuk performa lebih baik yang mana? Kecepatan akses berdasrakan perasaan tidak dapat dibedakan karena mungkin selesih hanya sekian detik sehingga tidak dapat dirasa, namun menurut logika untuk keawetan hadrware, operating system dengan versi yang lebih rendah sepertinya akan lebih menjadikan perangkat lebih tahan lama karena bekerja secara santai.

Untuk pemilihan booting pada masing-masing sistem operasi komputer saya tidak melalui boot manager yang biasa tampil POST karena proses instalasi dilakukan terpisah pada masing-masing harddisk, sehingga untuk pemilihan sistem operasi yang akan dipergunakan mempergunakan cara manual melalui boot menu (Menekan Tombol F7/Kombinasi tombol yang lain seperti F12) dan memilih harddisk yang akan dipergunakan sebagai First Boot.

Cukup panjang ternyata ulasan ceritanya. Ini yang dapat saya sampaikan tentang Membandingkan Dua SIstem Operasi Windows Bajakan yang saya pergunakan untuk berselancara di dunia maya dan mengerjakan pekerjaan lainnya.
Sebagai penutup artikel kali ini, saya mengucapkan banyak terima kasih atas kesediaan para sahabat untuk mengunjungi Blog CITRO MDURO dan membaca tulisan yang bertajuk Membandingkan Dua Sistem Operasi Windows, walaupun bukan tulisan insiratif dan kurang inovatif yang dapat memberikan inspirasi bagi para pembaca ataupun anda sekedar lewat karena tersasar dan terdampar pada tulisan tersebut. Kami sangat berterima kasih karena anda sudah berkenan walaupun mungkin sangat terpaksa. Silahkan tinggalkan jejak anda untuk menjalin silaturahmi, atau temukan yang anda cari melalui G O O G L E dan salam jabat erat dari PAMEKASAN MADURA

0 komentar:

Posting Komentar