12 Sep 2020

Membuka Kembali Pelajaran Tentang Blogging

Setelah cukup lama vakum dengan kegiatan blogging terlebih dengan urusan penghasilan blog dan SEO, beberapa hari terakhir kembali mencoba untuk merangkaikan kata mengisi kegiatan blogging tersebut. Tentu laksana siswa yang baru merasakan bangku sekolah, harus menyesuaikan diri dan beradaptasi untuk kembali mengenal dengan mengangkat memori tentang dunia blogging.

Segala sesutunya seperti berulang dari awal, dan pengalaman dunia blogging seputar html dan sebagainya seperti sulit untuk kembali terangkat, bahkan dalam kebiasaan menulis dengan seadanya sangat sulit tergali. Jika dulu hanya membutuhkan waktu beberapa menit untuk menghasilkan sebuah artikel yang dapat dipublikasikan. Setelah beberapa tahun tidak lagi aktif, ternyata memang cukup lama untuk menghasilkan sebuah tulisan walau sekedar 300 kata tak dapat dimaknai.

Dari sinilah disadari bahwa manusia itu sangat lemah dan tidak memiliki kemampuan tanpa adanya bantuan dari sang pencipta. Sekedar mengingat sesuatu yang awalnya menjadi kegiatan rutin, memang cukup sulit untuk kembali melakukan eksplorasi diri, menggali kemampuan yang ada dan terpendam selama ini, syukur-syukur bisa mendapatkan penghasilan dari apa yang telah dipelajari seperti pada kegiatan awal-awal blogging beberapa tahun lalu.

Harus kembali belajar dan berupaya karena memang manusia itu harus berusaha dan terus belajar. Sebagai pembelajaran awal tentang kegiatan blogging dengan mengganti tampilan blog dan mempergunakan template yang support AMP. Nah dari sini awal pembelajaran tentang apa yang dikatakan dengan istilah tersebut, butuh waktu seminggu lebih untuk dapat melakukan validasi tanpa error untuk satu halaman. Sementara halaman yang lain masih belum terlepas dari kesalahan AMP.

Setelah bisa terdeteksi valid pada satu halaman saja dengan AMP, merambah membuka google webmaster yang ternyata sekarang sudah bukan lagi webmaster tapi berganti nama menjadi Google Search Console, dan ternyata ditemukan banyak error pada halaman tersebut. Tentu kesalahan-kesalahan tersebut harus segera diperbaiki sambil lalu belajar dan terus belajar/

Dari sekitar 400 artikel yang telah dipublikasikan sebelumnya ternyata terdapat 500 lebih url yang dikecualikan oleh google. Saya mencoba untuk melakukan pencarian pada google search dengan judul sebagai kata kunci, hasil nihil, mencoba dengan pencarian url dari postingan yang dimaksud juga mendapatkan hasil yang nihil. Cukup banyak url yang masuk pada pengecualian google dengan berbagai alasan yang tidak saya pahami dan sepertinya tidak perlu terlalu untuk dipahami.

Sebagai langkah untuk mengurangi pengecualian tersebut dan url yang dikecualikan dapat terindek, maka perlu dilakukan permintaan pengindekan dengan harapan semakin banyak url yang terindeks google akan memberikan trafik blog yang meningkat dari sebelumnya setelah beberapa lama mengalami mati suri tanpa adanya update.
Citro Mduro Namun alhamdulillah tidak ditemukan kesalahan, dengan 117 url valid dan 596 dikecualikan dengan beberapa alasan. Jika sahabat blogger ingin mengetahui kondisi kesehatan blog sahabat silahkan lakukan pengecekan pada google search console secara berkala sambil hitung-hitung belajar. Sebagai penutup artikel kali ini, saya mengucapkan banyak terima kasih atas kesediaan para sahabat untuk mengunjungi Blog CITRO MDURO dan membaca tulisan yang bertajuk Membuka Kembali Pelajaran Tentang Blogging, walaupun bukan tulisan insiratif dan kurang inovatif yang dapat memberikan inspirasi bagi para pembaca ataupun anda lewat karena tersasar dan terdampar pada tulisan Membuka Kembali Pelajaran Tentang Blogging. Kami sangat berterima kasih karena anda sudah berkenan walaupun mungkin sangat terpaksa. Silahkan tinggalkan jejak anda untuk menjalin silaturahmi, atau temukan yang anda cari tentang Membuka Kembali Pelajaran Tentang Blogging dan salam jabat erat dari PAMEKASAN MADURA

Posting Komentar