12 Sep 2020

Mengaplikasikan Beberapa Mikroorganisme Secara Bersamaan

Dialam terbuka termasuk dilahan pertanian, air laut, air sungai, udara bahkan dalam tubuh manusia terdapat jutaan bahkan milyaran mikroorganisme yang hidup secara berdampingan. Dari sekiar milyar mikroorganisme tersebut tentu terjalin hubungan antara satu dengan yang lain. Baik yang bersifat positif dan dibutuhkan maupun yang bersifat negatif sebagai patogen pada lingkungan ataupun tubuh manusia. Semua yang ada dialam diciptakan saling membutuhkan dan ada saling keterkaitan antara satu dengan yang lainnya termasuk dalam dunia mikroorganisme, begitu menurut pandangan saya yang mungkin saja pandangan tersebut merupakan pendapat yang keliru atau sangat mungkin salah total. Mengaplikasikan Beberapa Mikroorganisme Secara Bersamaan Timbul pertanyaan dalam diri sebelumnya tentang teknik pengaplikasian mikroorganisme pada bidang pertanian, pertanyaan tersebut yang sempat terlintas adalah "Bolehkah mengaplikasikan lebih dari satu jenis mikroorganisme yang dibiakkan secara bersamaan?". Sempat tidak ada keberanian untuk mencampurkan mikroorganisme berupa Nitrobacter dengan EM4 karena sepertinya mikroorganisme yang terkandung didalamnya memiliki karakteristik yang berbeda.

Namun secara logika dan mencoba menganalisa alam terbuka yang terdapat berbagai jenis mikroorganisme yang hidup beriringan namun bekerja sesuai fungsinya masing-masing. Tidak ada gesekan satu dengan yang lain dan membentuk koloni atau kelompok masing-masing tanpa saling mengganggu antara satu dengan yang lainnya. Dari analisa singkat tersebut mendapatkan suatu kesimpulan bahwa pengaplikasian mikroorganisme positif yang dibutuhkan tanaman budidaya secara bersamaan bisa dilakukan dengan alasan seperti analisa yang sempat saya pikirkan.

Namun untuk hasilnya apakah hal tersebut benar atau tidak, kita harus melakukan penelitian lebih lanjut tentang proses tersebut. Paling tidak mengamati perkembangan dari tanaman budidaya dengan membuat sampel yang berbeda antara kombinasi dan non kombinasi. Permasalahannya akan terlintas kata ribet, ruwet dan semacamnya karena memang pada dasarnya petani membutuhkan kerja yang lebih simple dan hasil yang lebih baik.

Kembali pada kata logika, mikroorganisme yang ada di alam lebih disiplin dibandingkan dengan manusia yang bekerja sesuai tugasnya masing-masing. Bagian proses nitrifikasi tidak akan bekerja pada proses lainnya.

Kesimpulannya kembali pada keyakinan pada petani masing-masing. Jika yakin silahkan dikerjakan, namun jika tidak ada keyakinan maka jangan dikerjakan. Karena pekerjaan tanpa dilandasi dengan keyakinan akan memberikan akibat yang tidak baik pada tujuan akhirnya. Sebagai penutup artikel kali ini, saya mengucapkan banyak terima kasih atas kesediaan para sahabat untuk mengunjungi Blog CITRO MDURO dan membaca tulisan yang bertajuk Mengaplikasikan Beberapa Mikroorganisme Secara Bersamaan, walaupun bukan tulisan insiratif dan kurang inovatif yang dapat memberikan inspirasi bagi para pembaca ataupun anda lewat karena tersasar dan terdampar pada tulisan Mengaplikasikan Beberapa Mikroorganisme Secara Bersamaan. Kami sangat berterima kasih karena anda sudah berkenan walaupun mungkin sangat terpaksa. Silahkan tinggalkan jejak anda untuk menjalin silaturahmi, atau temukan yang anda cari tentang Mengaplikasikan Beberapa Mikroorganisme Secara Bersamaan dan salam jabat erat dari PAMEKASAN MADURA

Posting Komentar