Analisa Bounce Rate Melalui Histats

Bounce atau pentalan yang dimaksudkan adalah pengunjung yang langsung meninggalkan blog sebelum blog tersebut terbuka dengan sempurna (load 100%). Semakin tinggi nilai bounce menurut saya tentu kurang bagus sebagai tolak ukur kualitas blog. Sebagai analisa awal ada beberapa hal yang menjadi penyebab tingginya angkat bouce (pentalan).
  1. Loading blog yang terlalu berat. Blog yang lama terbuka akan menjadikan pengunjung langsung meninggalkan situs tersebut. Sebagai tolak ukur kita sendiri jika mengunjungi sebuah laman, jika terlalu lama terbuka maka akan langsung kita tinggalkan untuk membuka laman yang lain. Hindari loading blog yang terlalu berat dengan membuat css dan java script yang tidak terpakai. untuk memberikan masukan, bagaimana menurut anda tentang loading blog ini?
  2. Konten yang tidak berkualitas. Pengunjung yang datangnya melalui mesin pencari, tentu mengharapkan sebuah informasi yang dibutuhkan berdasarkan kata kunci yang diketikkan pada mesin telusur. Apabila yang dikunjungi tidak memberikan informasi yang dibutuhkan, tentu akan ditinggalkan begitu saja untuk mendapatkan informasi yang sesuai. Benar kata para sesepuh blog, bahwa Content Is King. Sebagai blogger kita harus menentukan target. Apa yang kita targetkan? Pembaca atau robot mesin pencari? Tentu banyak jawaban yang memilih pembaca dan robot mesin pencari. Konten yang menjadi top rangking dan diminati para pembaca. Bagaimana dengan kualitas konten blog ini. Sepertinya biasa-biasa saja dengan kualitas tulisan ataupun kualitas SEOnya.
  3. Pernak pernik yang tak bermanfaat. Ada sebagai blogger yang menginginkan tambahan penghasilan melalui kegiatan blogging dengan menambahkan script iklan atau banner yang dapat memberikan tambahan penghasilan. Namun jika penempatan kurang baik maka hal tersebut dapat menyebabkan pengunjung tidak betah berlama-lama, terlebih lagi langsung dihadang oleh pop up iklan pertama kali masuk (pengalaman pribadi). Tempatkan iklan sewajarnya saja, jika pada blog ini penempatan iklan tidak wajar dan mengganggu para pengunjung untuk menikmati alunan cerita yang tidak jelas, mohon masukannya.
Tentu masih banyak lagi faktor yang menjadi penyebab tingginya bounce (pentalan). Yang terlintas dalam benak saya hanya tiga faktor meskipun banyak faktor lain yang belum saya ketahui. Namun sebagai kenyataan bahwa nilai bouce (pentalan) CITRO MDURO mencapai angka diatas 80% seperti dilaporkan pada histats melalui gambar berikut untuk dua bulan terakhir.
Bounce Rate for last 2 months
Meskipun tidak bermanfaat, yang penting sudah dapat update posting dengan koneksi yang katanya akan upgrade teknologi menjadi 4G LTE
Terima kasih anda telah berkenan untuk melihat Blog CITRO MDURO dan membaca tulisan yang bertajuk Analisa Bounce Rate Melalui Histats, walaupun bukan tulisan insiratif dan kurang inovatif yang dapat memberikan inspirasi bagi para pembaca ataupun anda sekedar lewat karena tersasar dan terdampar pada tulisan tersebut. Kami sangat berterima kasih karena anda sudah berkenan walaupun mungkin sangat terpaksa. Silahkan tinggalkan jejak anda untuk menjalin silaturahmi, atau temukan yang anda cari melalui G O O G L E dan salam jabat erat dari PAMEKASAN MADURA

0 komentar:

Posting Komentar