Memahami Status Indeks Blog Pada Google Webmasters Tools

Alhamdulillah, akhirnya sabtu pagi menjelang siang kembali dapat melakukan kegiatan menulis setelah selesai kerja bakti membantu Isteri tercinta bersih-bersih rumah dan mencuci pakaian. Apalagi yang dapat dilakukan di hari libur selain membantu sang manajer dengan tugas kompleknya, dan update blog dengan ide yang kurang kreatif untuk sekedar melatih kemampuan merangkai kata meskipun tidak harus ancor pessenah tellor apalagi sampai kehabisan kata-kata.

Tulisan pagi menjelang siang kali ini terinspirasi ketika melihat google webmasters tools.Google webmasters tools tetap saya jadikan patokan dan tolak ukur keberhasilan belajar optimasi search engine blog yang saya kelola, dan kebetulan untuk saat ini tidak terlalu banyak mengelola blog. Cukup 1 personal blog tempat menulis dan sharing pengalaman melalui cerita tidak penting pada CITRO MDURO, dan 2 blog lain sebagai ladang tambahan penghasilan yang mengalami perubahan drastis dalam penurunan trafik dan tentu dalam penghasilan.

Bagian google webmasters tools yang memberikan ide pada kesempatan ini adalah google index. Silahkan buka google webmasters tools, login, klik list blog yang sudah terdaftar, kemudian lirik pada sisi kiri monitor temukan google index. Klik menu tersebut, klik tab lanjutan, kemudian centang semua kotak cek list yang tersedia. Untuk blog ini saya dapat gambar sebagai berikut
Memahami  Status Index Blog Pada Google Webmasters Tools
Mari kita coba bahas satu persatu grafik line seperti pada gambar diatas:
  1. Total Terindeks.  Angka tersebut menunjukkan jumlah URL yang berhasil terindex dan terdapat pada hasil pencarian google. Jumlah tersebut tergantung berapa jumlah URL yang dimiliki sebuah blog dan berhasil di rayapi google spider dan ditampilkan pada hasil pencarian.
  2. Pernah dirayapi. Angka tersebut sebetulnya menunjukkan angka atau jumlah URL yang dimiliki sebuah blog dan terekam oleh spider, namun sepertinya tidak semua url akan ditampilkan pada hasil pencarian google. Pada poin nomor satu lebih kecil dari poin nomor 2
  3. Dicekal oleh robot. Angka tersebut menunjukkan jumlah url yang dilarang oleh admin blog agar tidak dirayapai oleh robot spider mesin pencari.
  4. Dihapus. Jumlah url yang pernah dihapus melalui fasilitas hapus url pada google webmasters.
Jika dihitung secara matematis,Pernah dirayapi - Dicekal oleh robot - Dihapus = Total Indeks, namun kenyataan tidak sesuai dengan matematika yang pernah kita pelajari disekolah. Terus apa maksudnya?

He.. he.., bingung untuk menjelaskan maksud dari angka-angka tersebut setelah mencoba perhitungan matematisnya, ternyata prediksi awal tidak seperti setelah tulisan ini hampir selesai dan melakukan sedikit perhitungan matematis. Angka dicekal oleh robot cukup tinggi, hal tersebut disebabkan banyaknya url yang sengaja untuk tidak diindex untuk menghindari terjadinya duplicate konten melalui pengaturan custom robots.txt yang tersedia pada blogspot.

Sebagai penutup dan mengakhiri tulisan ini, kepada para sahabat terlebih para master SEO, mohon pencerahan tentang Status Indeks.
Terima kasih anda telah berkenan untuk melihat Blog CITRO MDURO dan membaca tulisan yang bertajuk Memahami Status Indeks Blog Pada Google Webmasters Tools, ataupun anda sekedar lewat karena tersasar dan terdampar pada tulisan tersebut. Kami sangat berterima kasih karena anda sudah berkenan walaupun mungkin sangat terpaksa. Silahkan tinggalkan jejak anda untuk menjalin silaturahmi, atau temukan yang anda cari melalui G O O G L E dan salam jabat erat dari PAMEKASAN MADURA

0 komentar:

Posting Komentar