Structured Data dan Pengaruhnya Terhadap SEO Blog

Structured Data atau Data Terstruktur, apa sih maksudnya? Secara pasti yang juga kurang memahami maksud dari menu yang saya temukan melalui google webmasters tools. Menu tersebut saya temukan selagi asyik bermain dengan webmasters yang saya jadikan sebagai kontrol kesehatan blog dari duplicate content maupun crawl error.

Sedikit pemahaman yang saya peroleh dari menu tersebut adalah seperti apa struktur data yang terdapat pada blog kita. Kemungkinan struktur data adalah struktur secara micro data seperti judul, isi, url, serta descripsi. Kalau disimpulkan meta data yang dimiliki sebuah blog.

Apa keuntungannya jika situs/blog memiliki data yang terstruktur?
If Google understands the content on your pages, we can create rich snippets—detailed information intended to help users with specific queries. For example, the snippet for a restaurant might show the average review and price range.
dari ulasan quote diatas, pemahaman yang saya dapatkan. Dengan data terstruktur akan sangat memungkinkan peningkatan kualitas SEO yang secara otomatis akan mendatangkan lalu lintas pada blog/situs kita. Benarkah hal tersebut? Mohon koreksi para mastah yang sudah dapat memahami keinginan algoritma terbaru mesin pencari.

Masih bingung maksud dari data terstruktur? Terus terang saya juga bingung. he.. he..

Oke lebih singkat saja walau sudah panjang lebar.
rich snippet
Screen Shoot diatas sedikit penampakan rich snippet blog ini

Anggap saja kita sebagai pengelola sebuah perpustakaan dengan koleksi buku ribuan judul dan ratusan kategori. Kalau kita sudah meletakkan buku-buku tersebut berdasarkan kategori dan description masin-masing buku, serta tertata dengan rapi pada rak/tempat buku masing-masing, maka kita akan lebih mudah untuk menemukan informasi yang dibutuhkan tentang sebuah buku yang ditanyakan oleh pelanggan.

Begitu pula halnya dengan dunia blogging. Setiap blog/site yang memiliki data terstruktur akan memberikan kemudahan bagi mesin pencari untuk mengelompokkan berdasarkan kriteria yang dimaksudkan. Kalau kita mencari sebuah informasi, tidak jarang kita mengacu pada mesin pencari dan mengetikkan sebuah kata katau frase untuk mendapatkan informasi tersebut.

Dari berbagai kata atau frase bahkan sangat mungkin berupa kalimat, algoritma mesin pencari akan mengelompokan kata/frase/kalimat tersebut berdasarkan ketegori yang lebih mudah dipahami berdasarkan maksud dari pencari informasi.

Secara kesimpulan yang dapat saya simpulkan, sturktur data itu bagaimana kita memainkan kata kunci yang mungkin diketikkan pada kotak pencarian yang dimainkan oleh pencari informasi. Dalam blog kita juga disusun sedemikian rupa sehingga kata kunci yang kita maksudkan masuk sebagai judul, berada sebagai deskripsi serta terdapat informasi lain yang terkait dengan kata kunci dimaksud.

Jika kita mencoba membuat struktur data seperti yang diinginkan mesin pencari (dalam hal ini google), kita dapat menerapkan penggalan-penggalan kaya (Rich Snippet). Semoga saya dapat berbagi langkah untuk mengatur struktur data yang saya terapkan pada blog ini dengan rich snippet yang dimaksud.

Semoga saja ulasan ini bermanfaat, jika terjadi kekeliruan mohon dimaklumi dan dikoreksi.
Terima kasih anda telah berkenan untuk melihat Blog CITRO MDURO dan membaca tulisan yang bertajuk Structured Data dan Pengaruhnya Terhadap SEO Blog, walaupun bukan tulisan insiratif dan kurang inovatif yang dapat memberikan inspirasi bagi para pembaca ataupun anda sekedar lewat karena tersasar dan terdampar pada tulisan tersebut. Kami sangat berterima kasih karena anda sudah berkenan walaupun mungkin sangat terpaksa. Silahkan tinggalkan jejak anda untuk menjalin silaturahmi, atau temukan yang anda cari melalui G O O G L E dan salam jabat erat dari PAMEKASAN MADURA

0 komentar:

Posting Komentar