Menjaga Kesehatan Blog Dengan Analisa Webmasters Tools

Pada kesempatan sebelumnya menulis dengan ala kadarnya. Jika belum sempat membaca, silahkan membacanya dengan klik link ini.

Seberapa penting sebetulnya kesehatan sebuah blog bagi seorang Blogger?  

Blog sehat atau tidak bagi seorang blogger tentu bukan masalah besar, namun sepertinya hal ini perlu diperhatikan jika kita melakukan kegiatan blogging sebagai usaha mendapatkan penghasilan (Monetize Blog), atau sekedar belajar untuk optimasi dan menjadi Top Ranking Google.Aturan main dari masing-masing Search Engine (SE) harus kita ikuti. Tentu masing-masing SE memiliki rule yang harus diterapkan oleh pengguna (Blogger mania).

Yuk kita belajar mengikuti aturan main dari google dengan menjadikan blog yang sehat dan blogging yang sehat apapun target dan tujuan kita. Pada kesempatan kali ini saya sekedar sharing tentang sedikit pengetahuan tentang analisa kesehatan blog yang kita kelola. Sebagai sampel adalah CITRO MDURO sebagai salah satu dari beberapa blog yang saya kelola.

Khusus pemula, para master mohon saran dan koreksi serta bimbingan.

Mengetahui Kesehatan Blog Melalui Google Webmasters Tools.
  1. Login paga google webmasters tools.
  2. Jika pada akun terdapat lebih dari satu blog, pilih salah satu yang ingin kita pantau kesehatannya untuk menemukan ramuan yang paling tepat.
  3. Pada bilah sisi kanan pada menu kesehatan. Pada bagian ini kita dapat memantau seberapa sehat blog yang kita kelola, Seperti kesalahan perayapan, Statistik Perayapan, Pencekalan URL (Robot.txt)
    Perhatikan Gambar
    Kesehatan Blog
Jika diperhatikan gambar diatas (dashboard CITRO MDURO (sekarang)), terdapat 14 kesalahan perayapan.Kesalahan perayapan kalau saya tafsirkan berdasarkan pemahaman saya adalah kegagalan robot mesin pencari untuk menemukan url yang ditemukan pada pencarian.

Kesalahan perayapan jika dibiarkan akan sangat merugikan kredibilitas blog (bahasa tingkat tinggi). Pengunjung blog yang berasal dari pencarian akan merasa kesal jika apa yang diinginkan ternyata tidak ditemukan pada tujuan yang diarahkan. Kalau cuma satu mungkin tidak terlalu bermasalah, bagaimana kalau sudah berada pada angka ratusan atau bahkan ribuan kesalahan perayapan?

Silahkan ada jawab sesuka hati tentang permasalahan tersebut.

Untuk menghilangkan kesalahan perayapan tersebut, sebagai administrator dapat menghilangkan url tersebut dari hasil pencarian.
  1. Pada bilah menu pilih Pengoptimalan -- Hapus URL 
  2. Buat Permintaan penghapusan baru
  3. Masukan URL yang terdeteksi sebagai kesalahan
  4. Klik Next
  5. Kirim permintaan
Lakukan untuk URL yang lain jika terdapat lebih dari satu URL. Permintaan akan dimasukkan pada daftar tunggu penghapusan URL dari hasil penelusuran.

Kesalahan perayapan sangat kecil kemungkinan terjadi jika kita tidak pernah menghapus konten, halaman static atau yang lain. Namun perlu saja diperhatikan jika mungkin saja ditemukan sesuatu yang tidak terdapat pada blog kita, tapi terdapat pada hasil pencarian.

Konten ganda sangat mungkin bisa terjadi pada blog kita. Untuk hal ini semoga masih diberikan kesempatan untuk bisa sharing pada lain waktu.

Saya cukupkan posting Menjaga Kesehatan Blog Dengan Analisa Webmasters Tools, jika banyak bahasa atau mungkin posting ini tidak anda sukai, silahkan tinggalkan komentar anda.
Terima kasih anda telah berkenan untuk melihat Blog CITRO MDURO dan membaca tulisan yang bertajuk Menjaga Kesehatan Blog Dengan Analisa Webmasters Tools, walaupun bukan tulisan insiratif dan kurang inovatif yang dapat memberikan inspirasi bagi para pembaca ataupun anda sekedar lewat karena tersasar dan terdampar pada tulisan tersebut. Kami sangat berterima kasih karena anda sudah berkenan walaupun mungkin sangat terpaksa. Silahkan tinggalkan jejak anda untuk menjalin silaturahmi, atau temukan yang anda cari melalui G O O G L E dan salam jabat erat dari PAMEKASAN MADURA

0 komentar:

Posting Komentar