Ngarit Padi Pakai Mesin Robot Pengarit Padi

Ngarit Padi Pakai Mesin Robot Pengarit Padi - Citro Mduro
Berkali-kali hapus dan ketik ulang merubah paragraf awal sebagai awal postinga kali ini. Namun yang kali ini seperti apapun hasilnya akan tetap dipublikasikan karena dan tidak akan melakukan perubahan pada paragraf awal, karena memang inilah kemampuan saya dalam mengawali sebuah postingan dengan gaya tulisan yang tetap mempergunakan gaya original walaupun tidak orisinil. Seperti biasa menulis yang ingin dituliskan dan semoga apa yang asal ketik dapat memberikan sedikit informasi yang bermanfaat bagi yang kebetulan menyempatkan diri untuk membacanya.

Topik bahasan sebetulnya mengenai sebuah peralatan pertanian yang menurut saya merupakn peralatan pertanian yang modern, yaitu mesin pengarit padi sehingga tulisan ini saya beri judul Ngarit Padi Pakai Mesin Robot Pengarit Padi.

Masih seputar pertani setelah beberapa waktu lalu menulis tentang pengalaman berlajar bercocok tanam yang tidak berkelanjutan serta pemafaatan limbah pertanian yang juga tidak berkelanjutan. Kalau pemeliharaan lovebird alhamdulillah sampai saat ini masih berlanjut dengan beberapa eksperimen dan pengamatan walau tanpa dokumentasi seperti yang dilakukan oleh para peneliti.

Kembali pada judul, kenapa saya menyebutnya dengan Mesin Robot? Secara fisik mesin pengarit padi yang saya anggap modern tersebut seperti mesin pembajak tanah yang sudah banyak dipergunakan para petani sebagai pengganti bajak tradisional yang mempergunakan tenaga hewan. Mesin robot pengarit padi tersebut dibekali dengan tenaga mesin 10 tenaga kuda dengan gigi percepatan 3 kecepatan dan satu gigi untuk bergerak mundur. Lah disebut robot pada bagian mananya. Kalau Cuma maju mundur sama saja dengan kendaraan roda empat (mobil).

Roda penggerak menyerupai rantai tank terbuat dari bahan karet, dengan penggerak menyerupai rantai yang terbuat dari bahan karet, sehingga sangat mempuni dalam berbagai medan sawah. Baik sawah kering maupun lahan basah, sehingga dengan penggerak seperti itu akan tetap menjadikan mesin dapat terus bergerak sekalipun lahan becek dan tergenang air. Nah ini kelebihan mesin pengarit padi dibandingkan dengan sistem konvensional yang membutuhkan tempat yang tidak tergenang air untuk melakukan proses perontokan padi dengan perontok konvensional. Dengan mesin modern ini sekalipun lahan masih tergenang air masih dapat dilakukan proses pengaritan sekaligus langsung dirontokkan.

Pada bagian pisau pengarit mempergunakan sistem hidrolik sehigga bisa naik turun disesuaikan dengan kebutuhan ketinggian pengaritan padi. Ibaratkan tangan yang mengambil batang padi batang demi batang selanjutnya dipotong dengan mata pisau yang diarahkan oleh helaian semacam sisir yang mengarahkan helaian padi masuk pada tadah yang akan dikirim masuk pada mesin perontok. Untuk mengarahkan helaian padi arahkan dengan besi berbentuk ulir yang mengarahkan helaian padi pada mulut mesin perontok. Bagian hidrolik tersebut sehingga saya mengatakan mesin ini sebagi mesin robot pengarit padi. Untuk kemudi sepertinya mempergunakan sistem hidrolik walaupun secara detail saya belum mempelajari lebih detail, sebatas melihat dari tepian sawah sambil menerawangkan kamera untuk merekam video dan mengunggahnya pada youtube. Semoga pada bagian akhir saya dapat memasukan iframe video tersebut. Karena memang untuk mempelajari sistem secara mendetail saya tidak paham dengan teknik mesin, karena memang kemampuannya menulis dengan menulis ala kadarnya, sekedar menulis yang ingin dituliskan.

Sebagai penutup artikel kali ini, saya mengucapkan banyak terima kasih atas kesediaan para sahabat untuk mengunjungi Blog CITRO MDURO dan membaca tulisan yang bertajuk Ngarit Padi Pakai Mesin Robot Pengarit Padi, walaupun bukan tulisan insiratif dan kurang inovatif yang dapat memberikan inspirasi bagi para pembaca ataupun anda sekedar lewat karena tersasar dan terdampar pada tulisan Ngarit Padi Pakai Mesin Robot Pengarit Padi. Kami sangat berterima kasih karena anda sudah berkenan walaupun mungkin sangat terpaksa. Silahkan tinggalkan jejak anda untuk menjalin silaturahmi, atau temukan yang anda cari tentang Ngarit Padi Pakai Mesin Robot Pengarit Padi dan salam jabat erat dari PAMEKASAN MADURA

1 comment:

  1. thanks for sharing

    thanks for sharing 082210743003 / 2BF0841D jual obat penggugur kandungan

    obat aborsi

    obat telat bulan

    obat penggugur

    jual obat aborsi

    obat aborsi termurah

    ReplyDelete