Mencoba Memahami Kebutuhan Nutrisi Beternak LoveBird Dengan Modal Terbatas

Beternak lovebird sebetulnya merupakan kegiatan gampang-gampang susah. Tak jarang para peternak lovebird pemula mengalami kegagalan yang menyebabkan kerugian yang tidak sedikit, ratusan ribu bahkan sangat mungkin harus kehilangan modal jutaan.

Sebelum memulai beternak lovebird terlebih dahulu kita harus mempelajari karakteristik burung mahal tersebut. Saya mengatakan Love Bird sebagai burung mahal karena saat ini harga pasaran relatif stabil karena masih banyaknya pecinta love bird atas keindahan warna burung yang satu ini serta keunikan bunyi untuk dilombakan. Oleh karena itu harga burung love bird masih tetap bertahan dan stabil. Harga yang stabil dan keuntungan yang cukup menjanjikan melahirkan para peternak-peternak lovebird baru termasuk saya yang baru belajar untuk beternak sepasang love bird.
Kebutuhan Nutrisi Beternak LoveBird - Citro Mduro
Sebagai peternak pemula, tentu harus belajar lebih banyak tentang kebutuhan pakan, pakan tambahan serta nutrisi yang dibutuhkan agar burung tetap sehat dan produktifitas terjaga. Memang tidak mudah untuk langsung mengetahui teknik sukses beternak lovebird. Jadi sebagai peternak baru tidak sekedar ikut-ikutan atau sekedar tergiur dengan pangsa pasar yang cukup tinggi dan stabil untuk mendapatkan keuntungan yang lumayan dengan modal yang tidak terlalu besar.

Sebagai peternak baru, terlebih dengan modal yang sangat terbatas, tentu saja kita tidak bisa mengikuti langkah sukses yang sudah dilakukan para peternak profesional terutama mereka yang sudah memiliki segudang pengalaman dan dukungan modal yang kuat.

Untuk biaya pakan utama, pemeliharaan burung love bird tergolong murah meriah. Namun untuk nutrisi tambahan agar produktifitas yang baik, ataupun untuk kualitas suara yang panjang dan napas yang tahan lama, tentu dibutuhkan vitamin tambahan. Jika kita menilik Harga Vitamin Burung Lovebird dipasaran bukanlah tergolong murah. Banyak kita temukan dari internet berbagai macam vitamin burung lovebird agar burung lebih gacor bunyinya atau agar cepat bertelur.

Pemberian pakan, serta nutrisi yang tepat akan menjadikan burung produktif dan menghasilkan kualitas telor yang baik, dalam artian jarang untuk gagal menetas. Banyak kita temukan melalui internet maupun para pedagang vitamin serta kebutuhan lain dari peternakan love bird, harga yang di bandrol bukanlah murah. Baik berupa vitamin, nutrisi, ataupun pakan tambahan yang mengandung nutrisi lengkap. Misalkan saja vitamin tetes untuk mempercepat burung bertelor dibandrol harga lebih dari seratus ribu untuk kemasan 50  gram. Mahal bukan?

Peternak baru harus jeli melihat kandungan yang terdapat dalam pakan dengan nutrisi lengkap, maupun multivitamin yang biasa diberikan untuk burung love bird. Untuk hal ini dibutuhkan jalan-jalan dan sedikit konsultasi dengan para peternak yang sudah memiliki banyak pengalaman tentang pakan tambahan serta multivitamin yang digunakan. Bisa kita lihat-lihat wadahnya dan membaca komposisi yang terkandung di dalamnya. Paling tidak ada sedikit gambaran sekalipun dalam komposisi tersebut tidak akan dipaparkan secara lengkap, pasti ada rahasia perusahaan yang disembunyikan.

Secara garis besar dibutuhkan vitamin, protein, karbohidrat, serat, lemak dan kandungan lain seperti kebutuhan kehidupan kita. Kalau kita mencari melalui internet ada beberapa pakan yang mengandung kapur untuk merangsang pertumbuhan cankang telor seprertinya.

Dan dari segala ulasan yang sedikit tidak tertata dan membingungkan diatas, Pakan Fermentasi menjadi salah satu solusi yang murah, efektif dan insya allah efisien. Kita tinggal meracik bahan-bahan yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, serat dan kebutuhan lain yang sudah kita dapatkan dari komposisi multivitamin hasil nyontek milik peternak sukses. Dari racikan tersebut walau dengan komposisi yang tidak terlalu detail, kita coba dengan meramunya melalui teknik fermentsi. Bahan-bahan dengan mudah di dapatkan disekitar kita seperti sayuran yang banyak mengandung zat besi dan serat, serta menambahkan campuran bahan lain yang memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan burung agar gacor atau produktifitas anakan yang baik.
Dalam satu pekan ini sampai diterbitkannya tullisan ini, saya sudah mencoba membuat pakan fermentasi dengan bahan pakan utama ditambah sedikit bahan obat-obatan seperti daun sirih yang saya ambil sarinya saja.

Alhamdulillah, anakan burung sehat diloloh induk dengan pakan fermentasi tersebut tanpa pakan tambahan seperti jagung muda, saya hanya memberikan tambahan kangkung segar walau tidak setiap hari.
Sebagai penutup artikel kali ini, saya mengucapkan banyak terima kasih atas kesediaan para sahabat untuk mengunjungi Blog CITRO MDURO dan membaca tulisan yang bertajuk Mencoba Memahami Kebutuhan Nutrisi Beternak LoveBird Dengan Modal Terbatas, walaupun bukan tulisan insiratif dan kurang inovatif yang dapat memberikan inspirasi bagi para pembaca ataupun anda sekedar lewat karena tersasar dan terdampar pada tulisan Mencoba Memahami Kebutuhan Nutrisi Beternak LoveBird Dengan Modal Terbatas. Kami sangat berterima kasih karena anda sudah berkenan walaupun mungkin sangat terpaksa. Silahkan tinggalkan jejak anda untuk menjalin silaturahmi, atau temukan yang anda cari tentang Mencoba Memahami Kebutuhan Nutrisi Beternak LoveBird Dengan Modal Terbatas dan salam jabat erat dari PAMEKASAN MADURA

2 comments:

  1. thanks for sharing

    thanks for sharing 082210743003 / 2BF0841D jual obat penggugur kandungan

    obat aborsi

    obat telat bulan

    obat penggugur

    jual obat aborsi

    obat aborsi termurah

    ReplyDelete