Blogging Is Complete Learning

Blogging Is Complete LearningBerbagai jenis model pembelajaran yang dapat diterapkan oleh seorang guru dalam melaksanakan proses pembelajaran. Ada yang dikatakan model pembelajaran berbasis masalah (Problem Base Learning), scientific learning, project learning dan entah model pembelajaran apa lagi yang ada dan dapat diterapkan dalam kegiatan belajar mengajar di dalam maupun di luar kelas. Setiap guru tentu memiliki metode pembelajaran yang beragam dalam pelaksanaannya, apakah mengacu secara teoritis model pembelajaran, ataupun langsung praktek sesuai dengan kondisi yang diperlukan dilapangan dalam menghadapi siswa di kelas maupun diluar kelas.

Selain model, metode yang dipergunakan juga akan memberikan pengaruh pada hasil belajar siswa. Namun siapa sebenarnya yang belajar? Siswa ataukah guru yang dikatakan sebagai pengajar?

Untuk menjawab pertanyaan diatas, tentu harus melihat sudut pandang untuk menjawab pertanyaan tersebut, apakah sudut lancip ataukah sudut tumpul, atau bahkan seolah-olah tanpa sudut untuk mendapatkan jawaban tersebut.

Hemm.... dari pada pusing membahas sesuatu yang kurang dipahami dan baru saja diketahui, mending menulis tentang sesuatu hal yang lebih diketahui. Pertanyaannya adalah “Model Pembelajaran Seperti Apa Yang Dipergunakan Dalam Kegiatan Blogging?”.

Jika saya boleh mengatakan Blogging Is Complete Learning. Emangnya ada yang melarang saya untuk mengatakan hal tersebut?

Oke, terlepas ada larangan atau tidak, yang penting tidak ada yang tersinggung sekalipun mungkin anda harus tersungging menyimak hal tersebut. Mari Oleh karena itu kita akan mencoba membahas satu persatu sesuai dengan pengetahuan dan kemampuan penulis, dan anda juga boleh berinteraksi setuju ataupun penolakan terhadap apa yang sudah dituliskan pada BLOG INI.

Scientific Learning. Adakah model pembelajaran seperti ini dalam kegiatan blogging? Tentu saja ada. Seorang blogger tentu harus memahami teori-teori dasar seputar blogging. Bagaimana cara update posting dalam blog, harus tahu tentang tata letak posting dan masih banyak hal lain yang perlu dipelajari sekalipun hal tersebut masih sebatas teoris dari hasil membaca ebook ataupun sharing dari sahabat-sahabat blogger yang telah mengajarkan teknik dasar blogging. Bahkan sampai belajar tentang optimasi blog itu sendiri untuk mendapatkan peringkat yang baik dari sudut pandang mesin pencari yaitu google yang banyak dipergunakan oleh para netter.

Problem Based Learning. Pembelajaran berbasis masalah sudah tentu harus dilalui oleh seorang blogger. Tidak memandang apakah anda seorang neubie ataupun profesional blogger. Mengingat permasalahan yang akan dihadapi oleh seorang blogger akan semakin kompleks seiring pengalaman yang dilewati dalam perbloggerran. Rasa ingin tahu dengan permasalahan tampilan yang tidak sesuai dengan yang diinginkan, mendapatkan masalah optimasi dan terus mencari informasi untuk mengatasi masalah tersebut sehingga permasalahan dapat diselesaikan Problem solving.

Project Based Learning. Dengan yang satu ini tentu sudah dilewati dengan produk paling sederhana adalah posting blog sekalipun itu adalah tulisan yang tidak enak dibaca, ataupun pengalaman lain seputar optimasi blog sehingga menjadi Number One, Top Google Ranking.

Metode apa yang akan anda pergunakan?.

Apakah anda hanya akan mempelajari secara teoritis tentang ilmu blogging, atau anda akan belajar melalui masalah yang anda hadapi seputar blogging dan menghasilkan sebuah karya? Ingin menjadi seorang blogger milikilah blog seperti apapun dan lakukan perbaikan sedikit demi sedikit sambil lalu belajar. Kata orang kuno belajar sambil bekerja dalam bahasa yang lebih kuno lagi Learning By Doing. Lakukan analisa dari blog yang kita miliki dan benahi apa yang menjadi permasalahan sehingga akan menjadi sebuah karya yang akan memberikan tingkat kepuasan bagi kita sekalipun itu mungkin hal yang sudah tidak berlaku bagi orang lain.

Dan sebagai penutup, mari kita berintereaksi melalui kotak komentar yang tersedia pada bagian tulisan ini untuk berbagi pengalaman dan meningkatkan pembelajaran kita dalam dunia perbloggeran.
Terima kasih anda telah berkenan untuk melihat Blog CITRO MDURO dan membaca tulisan yang bertajuk Blogging Is Complete Learning, walaupun bukan tulisan insiratif dan kurang inovatif yang dapat memberikan inspirasi bagi para pembaca ataupun anda sekedar lewat karena tersasar dan terdampar pada tulisan tersebut. Kami sangat berterima kasih karena anda sudah berkenan walaupun mungkin sangat terpaksa. Silahkan tinggalkan jejak anda untuk menjalin silaturahmi, atau temukan yang anda cari melalui G O O G L E dan salam jabat erat dari PAMEKASAN MADURA

4 komentar:

  1. Blog ane dblokir google adsencex n htmlx gk seperti dulu boz

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hal seperti itu sudah biasa, karena memang kebijakan sepihak

      Hapus
  2. Blog itu mirip unversitas terbuka dengan banyak fakultas.
    Hampir segala ilmu ada di dalamnya
    Salam hangat dari Jombang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Dhe, banyak hal yang perlu dipelajari dan harus dipraktekkan agar hasil pembelajarannya dapat dirasakan

      Hapus