Harga Sebuah Kebebasan Berpolitik

Pemilu LuberKehidupan politik, kehidupan yang seakan penuh dengan trik dan intrik. Penuh cara untuk tercapainya sebuah tujuan dan mengantongi status kesuksesan. Berbagai cara serta metode demi pencapaian sebuah tujuan tersebut. Terkadang trik dibarengi dengan intrik.

Trik dan intrik seakan tak dapat terpisahkan, ada cara didalam sebuah metode untuk lebih melancarkan sebuah teknik pencapaian suatu tujuan. Kampanye menyampaikan orasi politik sebagai salah satu trik untuk mendapatkan simpatik dari para pemilih. Hal tersebut merupakan sesuatu yang sering kita jumpai dan kita dengar. Program kerja yang luar biasa dan ditargetkan demi mencapai dukungan dari khalayak.

Intrik dari sebuah kampanye dalam bentuk kampanye dama, memberikan uang saku sebagai bekal untuk menuju tempat pemungutan suara. Bukan money politik, namun bekal yang diberikan para kandidat untuk para calon pemilih. Tak jarang satu pemilih mendapat bekal dari beberapa kandidat. Bahkan yang lebih unik adanya tawar menawar antara tim kandidat dengan calon pemilih. Semacam tawar menawar harga uang saku yang akan diterima.

Apakah hal tersebut merupakan sesuatu yang salah? Jika hal tersebut merupakan sebuah kesalahan, siapa yang patut dan seharusnya disalahkan? Kandidat atau para calon pemilih?

Disebuah daerah bahkan sempat terdengar adanya pengembalian uang saku jika uang saku yang ditawarkan kandidat lain lebih tinggi. Hari itu juga uang saku yang telah diterima dikambalikan melalui tim yang menyampaikan uang saku tersebut. Uang saku yang dikembalikan, bukan money politik yang banyak diisukan. Tak ada money politik karena mereka para calon pemilih tidak ada kontrak politik dengan para kandidat.

Berapa harga yang ditawarkan? Masing-masing daerah memiliki nilai dan harga yang beragam. Di satu daerah berada pada kisaran angka 25-50 ribu untuk kandidat daerah terbawah, namun lebih rendah lagi semakin tinggi tingkat strata daerah yang lebih tinggi dan cakupan lebih luas. Sementara di daerah lain tersebar kabar kisaran diatas 50 sampai dengan angka 150. Hemmmm, inikah harga sebuah kebebasan berpolitik?
Terima kasih anda telah berkenan untuk melihat Blog CITRO MDURO dan membaca tulisan yang bertajuk Harga Sebuah Kebebasan Berpolitik, ataupun anda sekedar lewat karena tersasar dan terdampar pada tulisan tersebut. Kami sangat berterima kasih karena anda sudah berkenan walaupun mungkin sangat terpaksa. Silahkan tinggalkan jejak anda untuk menjalin silaturahmi, atau temukan yang anda cari melalui G O O G L E dan salam jabat erat dari PAMEKASAN MADURA

0 komentar:

Posting Komentar