Cek Duplicate Konten Dengan CopyScape Merasa Aneh Saja

Cek Duplicate Konten Dengan CopyScape Merasa Aneh SajaPenggunaan Repeater Ilegal dilarang dengan tegas oleh Kemkominfo, namun mengulangi update posting untuk memperkuat signal blog di mata search engine sepertinya tidak ada larangan dari kementerian perbloggeran atau kementerian lain, selama tidak mengandung unsur SARA, SARU, dan lain sebagainya yang mungkin dapat menyinggung orang lain.

Semoga posting kali ini tidak terdapat unsur SARA, SARU ataupun membuat orang lain tersinggung. Sebuah tulisan yang saya beri judul  Cek Duplicate Konten Dengan CopyScape Merasa Aneh Saja. Keanehan apa yang dirasa sehingga judul tersebut menjadi sebuah pilihan?

Copyscape merupakan sebuah layanan online untuk mendeteksi duplicate content sebuah blog, atau mendeteksi apakah tulisan kita ada yang menjiplak, plagiat, atau sabotase sehingga tulisan yang kita posting dan publikasikan terdapat kemiripan dengan blog atau situs lain. Beberapa blog memasang banner copyscape untuk menghindari plagiat, sementara blog ini tidak terlalu peduli dengan copas, dengan anggapan jika ada yang copas posting blog ini, berarti tulisan tersebut dianggap bermanfaat. Boleh saja copas tanpa ada batasan sekalipun copas mentah dan tanpa harus menyertakan link sumber untuk tulisan blog ini.

Iseng coba-coba cek beberapa content yang ditulis dengan bahasa ala kadarnya sesuai dengan kata-kata yang diinginkan, ternyata masih ada saja duplicate content yang berhasil dilacak oleh copyscape, salah satu contoh tulisan yang berjudul Hadiah Dari Smartfren. Tulisan tersebut terdapat terdapat tiga hasil serupa dengan konten dari blog ini. Padahal bukan copy paste dari blog lain, murni hasil tulisan sendiri dengan bahasa yang tidak terlalu bermutu.

Sementara sebuah posting yang berasal full copas dan berjudul Art of Appreciation Gift Baskets Golden Splendor Gourmet Food Basket. Posting tersebut murni bukan hasil tulisan, tapi hasil grab dari situs amazon termasuk gambar yang terpasang, full murni dari situs amazon.

Sebenarnya apa yang harus dilakukan untuk menghindari copyscape dan dianggap sebagai plagiat dari situs tersebut? Kalimat tanya saya pergunakan situs tersebut, karena jika manusia yang menganggap hal itu sebagai plagiat, bisa saja pemilik konten melaporkan sebagai pelanggaran DMCA (silahkan cari di wikipedia). Terus tindakan apa yang harus dilakukan untuk menghindari kecurigaan plagian melalui hasil scan copyscape?

Sangat mudah sebetulnya, cukup memberikan judul yang unik dari sebuah artikel yang diterbitkan. Insya Allah akan terhindar dari scan duplicate content dari copyscape sekalipun posting serupa bertebaran dan banyak publisher lain yang menuliskannya.

Bagi saya untuk cek duplicate content cukup mempergunakan google webmasters tools, bagi saya, tentu lain publisher memiliki teknik yang berbeda. Sekian dan salam blogger
Terima kasih anda telah berkenan untuk melihat Blog CITRO MDURO dan membaca tulisan yang bertajuk Cek Duplicate Konten Dengan CopyScape Merasa Aneh Saja, ataupun anda sekedar lewat karena tersasar dan terdampar pada tulisan tersebut. Kami sangat berterima kasih karena anda sudah berkenan walaupun mungkin sangat terpaksa. Silahkan tinggalkan jejak anda untuk menjalin silaturahmi, atau temukan yang anda cari melalui G O O G L E dan salam jabat erat dari PAMEKASAN MADURA

0 komentar:

Posting Komentar