Perbandingan Speed Internet With and Without Tools

Alhamdulillah akhirnya kembali update posting pada CITRO MDURO setelah beberapa hari hanya memandangi kejadian yang serasa aneh saja pada blog ini. Seakan-akan blog menjadi sarang spamer yang berusaha meletakkan nama mereka pada blog yang tidak terlalu terkenal ini secara artikel ataupun segi yang lain sehingga terjadi perbedaan yang mencolok melalui pengamatan tigat tools seperti yang diceritakan pada posting sebelumnya.

Biarlah kejadian aneh itu berlalu begitu saja tanpa menemukan solusi untuk sementara waktu, walaupun tidak terkubur dalam semoga akan mendapatkan jawaban yang memuaskan hati pada masa lain di waktu mendatang.

Pada kesempatan kali ini sedikit cerita tentang perbandingan kecepatan koneksi (Speed Connection) yang saya alami pada kesempatan kali ini. Dengan provider biru dengan nama beken sebagai provider dengan koneksi super cepat dengan nama perusahaan XL Axiata. Pada uji coba kali ini dengan mempergunakan sebuah aplikasi bernama SSH Tools.

Sebagai uji coba saya mencoba mengukur kecepatan koneksi (Speed Connection Test) dengan bantuan dari speedtest.net. Langkah pertama tanpa tools dengan hasil seperti gambar berikut:
Speed Test Without SSH Tools
Dari record gambar yang ditangkap dengan provider prxl, kecepatan tanpa tools diperoleh nilai ping125 ms untuk server surabaya dengan download speed berada pada kisaran angka 0.27 Mbps (270 Kbps), dan upload 0.11 Mbps (110 Kbps).

Percobaan kedua dengan mempergunakan SSH Tools dan diperoleh hasil yang cukup mencolok untuk download dan upload speeds seperti pada gambar berikut:
Speed Test With SSH Tools
Waktu yang dibutuhkan untuk ping terpaut cukup jauh sekitar 140 ms dengan posisi server yang juga berbeda. Dengan SSH Tools server yang dipergunakan Jakarta hosted by Wigo. Untuk kecepatan download dengan bantuan SSH Tools jauh lebih kencang dengan selisih hampir 500 Kbps, sementara kecepatan upload tidak terlalu terpaut jauh sekitar 90 Kbps saja.

Kesimpulan yang diperoleh dari percobaan diatas, dengan bantuan SSH Tools kecepatan download meningkat sekitar 60 persen. Memang dengan tambahan biaya untuk SSH Tools

Keuntungan mempergunakan SSH Tools menurut pola berpikir orang yang sekedar meraba-raba tentang teknologi:
  • Seperti gambaran gambar diatas, speed connection merangkak naik sekitar 60%
  • Akan lebih hemat bandwidth kuota langganan provider, karena koneksi yang dipergunakan hanya untuk mengkoneksikan komputer dengan server SSH.
Tentu masih ada keuntungan dan kerugian pula yang tidak mampu saya jelaskan secara detail karena keterbatasan pengetahuan serta kemampuan, namun hasil akhir dengan SSH Tools saya merasa puas dengan kecepatan download dan kehematan bandwidth yang dihasilkan. Bagaimana menurut pendapat sahabat tentang tools yang satu ini?
Terima kasih anda telah berkenan untuk melihat Blog CITRO MDURO dan membaca tulisan yang bertajuk Perbandingan Speed Internet With and Without Tools, ataupun anda sekedar lewat karena tersasar dan terdampar pada tulisan tersebut. Kami sangat berterima kasih karena anda sudah berkenan walaupun mungkin sangat terpaksa. Silahkan tinggalkan jejak anda untuk menjalin silaturahmi, atau temukan yang anda cari melalui G O O G L E dan salam jabat erat dari PAMEKASAN MADURA

0 komentar:

Posting Komentar