Tulisan Terinspirasi Dari Pesan Singkat Berisi Pertanyaan

Komputer GIFSebetulnya sudah cukup lama tulisan ini akan diterbitkan, namun entah mengapa baru terialisasi saat ini. Sesuatu yang tidak terlalu sesuatu banget sehingga tidak mungkin akan membahana badai, dan semoga tidak terserang badai Search Engine keberadaan CITRO MDURO sehingga masih tetap dapat berbagi informasi tidak terlalu penting sebagai pengisi kegiatan di sela-sela kesenggangan untuk sekedar menulis sesuatu yang tidak penting.

Terinspirasi dari sebuah sms dari nomor yang tidak tersimpan dalam phone books dengan bahasa alay perpaduan huruf dan angka menyebabkan sedikit kesulitan memahami isi pesan tersebut. Secara singkat saja tanpa pikir panjang dengan bantuan kepanjangan tangan propider yang melekat pada ponsel jadul, terkirim balasan “Mohon maksud dari pesan tidak dapat dipahami”.

Tak lama berselang kemudian sebuah pesan singkat kembali memasuki ruang inbox dengan perubahan penulisan. Secara pasti sudah terlupakan karena pesan sudah terhapus, kurang lebih isi pesan tersebut adalah:
“Bisakah computer dinyalakan tanpa harddisk, dan system operasi apa yang mendukung untuk menjalankannya”
Sebuah pertanyaan yang singkat dan sempat membuat saya kelimpungan untuk memberikan jawaban dengan basic pengetahuan IT yang tidak memadai. Berpikir beberapa lama untuk dapat menjelaskan, sementara untuk mengatakan tidak dapat menjelaskan rasanya kok kurang pas, sebuah pertanyaan tentunya dilayangkan dengan anggapan dari penanya ada kemampuan untuk memberikan jawaban.

Pada masa berpikir jadi teringat pertama kali mengenal dan belajar computer dengan system operasi DOS yang semua kegiatan di awali dengan disket (Sistem Boot), data kerjaan disimpan pada sebuah disket. Disk Operating System kalau tidak salah ingat pengoperasian waktu itu dengan beberapa disket software yang harus dimiliki untuk menjalankan system operasi, aplikasi, serta menyimpan data. Ya belajar mengetik dokumen dengan aplikasi wordstar dan lotus 123 waktu itu.

Teringat lagi dengan pengalaman seorang teman yang meminta instalasi ulang laptop, serta data tugas akhir yang tersimpan untuk diselamatkan. Kebetulan laptop tersebut dilengkapi dengan open source cd bootable. Hemmmm … lumayanlah menjalankan system operasi melalui disk drive sehingga data penting dapat terselamatkan pada sebuah USB Flash Disk berkapasitas sedang.

Berdasarkan pengalaman tersebut, kemudian yang mengetikkan jawaban pesan melalui keypad ponsel non qwerty. Kurang lebih jawaban saya sebagai berikut:
“Untuk menghidupkan sebuah PC pertama kali diatus oleh BIOS sebagai pengatur awal dari system input dan output computer, jika BIOS dapat berjalan dengan baik, otomatis computer dapat dijalankan dengan system operasi lain tanpa membutuhkan harddisk seperti OS DOS, Linux atau mungkin dengan OS Portable lain yang belum pernah saya alami”.
Kesimpulannya, bahwa computer dapat dinyalakan dengan atau tanpa harddisk mempergunakan media bootable selain harddisk seperti disket, cd, usb drive ataupun media lain yang memiliki system boot dan system operasi.

Entah benar apa tidak jawaban tersebut? Monggo para sahabat blogger yang terdampar disini memberikan koreksi terhadap permasalahan tersebut sebagai tambahan ilmu pengetahuan bagi kita semua. Jika salah mohon koreksi dengan keterbatasan pemahaman dan kemampuan yang ada dari admin CITRO MDURO
Sebagai penutup artikel kali ini, saya mengucapkan banyak terima kasih atas kesediaan para sahabat untuk mengunjungi Blog CITRO MDURO dan membaca tulisan yang bertajuk Tulisan Terinspirasi Dari Pesan Singkat Berisi Pertanyaan, walaupun bukan tulisan insiratif dan kurang inovatif yang dapat memberikan inspirasi bagi para pembaca ataupun anda sekedar lewat karena tersasar dan terdampar pada tulisan tersebut. Kami sangat berterima kasih karena anda sudah berkenan walaupun mungkin sangat terpaksa. Silahkan tinggalkan jejak anda untuk menjalin silaturahmi, atau temukan yang anda cari melalui G O O G L E dan salam jabat erat dari PAMEKASAN MADURA

0 komentar:

Posting Komentar