Membuat Title Blog Berbeda Pada Setiap Halaman

Mungkin ini adalah posting pertama pada tahun 2013. Mengawali posting awal tahun meskipun sudah lewat beberapa hari, kali ini CITRO MDURO sedikit sharing sambil belajar mencari-cari teknik untuk memberikan nuansa berbeda yang mungkin saja dapat berpengaruh terhadap kualitas SEO blog khususnya dengan platform blogspot.

Sedikit ingin meniru tatanan title / Judul perhalaman yang berbeda pada platform wordpress khususnya yang mempergunakan SEO Plugin seperti All In One SEO ataupun Platinum SEO. Setiap halaman memiliki Judul yang berbeda. Misalkan pada homepage dapat di setting dengan judul yang panjang dan menanamkan beberapa keyword sebagai judul blog. Untuk hal tersebut blog ini sudah dapat menerapkan judul blog yang panjang bahkan bisa dikatakan terlampau panjang.

Susunan Title pada setiap halaman yang saya inginkan sebagai berikut:
  • HOME PAGE
  • UDUL BLOG | tambahan keyword yang lain
  • HALAMAN STATIC BLOG
  • JUDUL HALAMAN | JUDUL BLOG STATIC PAGE
  • HALAMAN LABEL BLOG
  • NAMA LABEL | JUDUL BLOG LABEL
  • HALAMAN ARSIP BLOG
  • ARSIP BULAN | JUDUL BLOG ARCHIVE
Permasalahan yang ditemukan terjadi pada halaman label dan halaman arsip, seharusnya judul yang diharapkan seperti disebutkan diatas, namun yang dihasilkan JUDUL BLOG:nama label. Hal ini tidak seperti yang diharapkan, sementara pada halaman arsip dan halaman statis sudah memenuhi keinginan.

Sedikit perubahan pada struktur template blog ini

sebelum dirubah:
<head>
<link expr:href='data:blog.url' rel='canonical'/>

<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;index&quot;'>
<title><data:blog.pageTitle/></title>
<b:else/>
<title><data:blog.pageName/> on CITROMDURO</title>
</b:if>
Setelah perubahan:
<head>
<link expr:href='data:blog.url' rel='canonical'/>

<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;index&quot;'>
<title><data:blog.pageTitle/></title>
<b:else/>
<b:if cond='data:blog.homepageUrl != data:blog.url'>
<b:if cond='data:blog.pageType != &quot;static_page&quot;'>
<title><data:blog.pageName/> ~ <data:blog.title/> STATIC PAGE</title>
</b:if>
</b:if>
<b:else/>
<b:if cond='data:blog.homepageUrl != data:blog.url'>
<b:if cond='data:blog.pageType != &quot;item&quot;'>
<title><data:blog.pageName/> ~ <data:blog.title/> ARCHIVE</title>
</b:if>
</b:if>
<b:else/>
<title><data:blog.pageName/> ~ <data:blog.title/></title>
</b:if>
Untuk melihat perubahan, coba klik
Perhatikan Title Bar Pada Browser untuk mengetahui perubahan, atau tampilkan source code dan temukan tag <title>.

Apakah perubahan ini akan berpengaruh pada SEO blog ini, atau akan mengurangi kualitas SEO. Perubahan tidak dapat diketahui secara instan, namun perlu proses dan pengamatan beberapa hari kedepan setelah robots spider mesin pencari mendatangi blog ini.

Walau hasil yang diinginkan tidak seperti pada wordpress platform, namun ini sekedar coba-coba dari keinginan yang mungkin tidak seharusnya dilakukan. Silahkan tinggalkan komentar anda tentang posting ini. Membuat Title Blog Berbeda Setiap Halaman atau judul apa yang seharusnya diberikan untuk posting ini.
Sebagai penutup artikel kali ini, saya mengucapkan banyak terima kasih atas kesediaan para sahabat untuk mengunjungi Blog CITRO MDURO dan membaca tulisan yang bertajuk Membuat Title Blog Berbeda Pada Setiap Halaman, walaupun bukan tulisan insiratif dan kurang inovatif yang dapat memberikan inspirasi bagi para pembaca ataupun anda sekedar lewat karena tersasar dan terdampar pada tulisan tersebut. Kami sangat berterima kasih karena anda sudah berkenan walaupun mungkin sangat terpaksa. Silahkan tinggalkan jejak anda untuk menjalin silaturahmi, atau temukan yang anda cari melalui G O O G L E dan salam jabat erat dari PAMEKASAN MADURA

0 komentar:

Posting Komentar