Mengatasi Crawl Error 404 Pada Webmasters Tools

Pada beberapa komentar posting terdahulu tentang kesehatan blog, W3C merupakan acuan untuk permasalahan kesehatan blog, Sedikit perbedaan dengan pendapat saya memahami kesehatan blog yang mengacu pada google webmasters tools serta webmasters seach engine yang lain seperti bing.

Mencoba cek permasalahan penyusun blog pada W3C, ternyata ditemukan banyak error, dan saya tidak memahami untuk mengatasi permasalahan tersebut. Menurut saya asalkan sudah blog bisa tayang dan terindex mesin pencari sudah tidak ada masalah dengan html, css, ataupun JS yang dipergunakan.

Nah, terkadang kita menemukan laporan crawl error 404 dan duplicate meta description ataupun duplicate meta title melalui laporang webmasters tools, laporan tersebut saya jadikan sebagai acuan kesehatan blog. Terlebih jika terdapat permasalahan crawl error 404 (url tidak ditemukan). Asumsi saya jika hal tersebut dibiarkan tanpa diatasi, url yang berhasil ditampilkan pada hasil pencarian dan terdampar pada blog kita namun pengunjung tidak menemukan apa-apa, tentu akan sangat berpengaruh negatif terhadap kunjungan situs jika pengunjung menemukan halaman yang salah.

Jika cuma 1 atau 10 kesalahan perayapan bukan masalah besar, namun jika terdapat 1000 lebih, akan ada kesulitan untuk meminta penghapusan URL tersebut dari hasil pencarian. Posting dengan judul Mengatasi Crawl Error 404 Pada Webmasters Tools, pada kesempatan kali ini menghapus url tersebut dari hasil pencarian dengan mudah. Langkah yang perlu kita lakukan kurang lebih sebagai berikut:
  1. Install add-ons iMacro. Pergunakan browser mozilla. Saya tidak akan membahas bagaimana menginstal add-ons tersebut.
  2. Masuk pada menu kesehatan blog (Health) --> Kesalahan Perayapan (Crawl Errors)
  3. Klik download untuk mengunduh url yang salah dirayapi dalam format csv
    Crawl Errors Stats
Langkah awal sudah kita lakukan, selanjutnya adalah proses penghapusan:
  1. Download file berikut: iMacros file, Klik link --> Ctrl+S
  2. Ekstrak file, ambil isi folder dan paste dalam folder iMacro dari add-ons anda
Mengatasi Crawl Error 404 Pada Webmasters Tools dan menghapus URL dengan iMacros
  1. Masukkan url dari csv yang telah di dowload tadi pada file page.csv pada folder iMacros\Datasources
  2. Simpan file
  3. Jalankan iMacros (F8)
  4. Pilih file macro yang akan dijalankan 
  5. Perhatikan Jumlah baris pada file page.csv.
  6. Ketikkan jumlah baris yang akan dihapus
  7. Masuk pada menus hapus URL (Remove URLs)
  8. Klik play loops
Sebagai contoh saya jalankan untuk menghapus 1000 url lebih pada salah satu blog saya yang lain berdasarkan screen shoot berikut:
iMacros Run
Dengan mempergunakan iMacros, untuk selanjutnya kita tinggal menunggu proses sampai selesai. Tidak perlu mengirimkan URL sebagai permintaan penghapusan satu persatu.

Semoga posting membingungkan ini dapat memberikan manfaat.
Terima kasih anda telah berkenan untuk melihat Blog CITRO MDURO dan membaca tulisan yang bertajuk Mengatasi Crawl Error 404 Pada Webmasters Tools, ataupun anda sekedar lewat karena tersasar dan terdampar pada tulisan tersebut. Kami sangat berterima kasih karena anda sudah berkenan walaupun mungkin sangat terpaksa. Silahkan tinggalkan jejak anda untuk menjalin silaturahmi, atau temukan yang anda cari melalui G O O G L E dan salam jabat erat dari PAMEKASAN MADURA

0 komentar:

Posting Komentar