67 Tahun Sudah Negeri Ini Merdeka Lepas Dari Penjajahan

Menurut pelajaran yang pernah saya dapatkan waktu sekolah. Republik Indonesia (RI) memproklamasikan kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945. Sejarah dan proses proklamasi RI seperti apa? Silahkan buka kembali pelajaran sejarah masa sekolah terdahulu.

Sejak itu RI mendapatkan kedaulatan serbagai negara yang merdeka, dan lepas dari penjajahan yang telah menjajah selama 3 abad lebih. Kita sebagian besar hanya membaca kisah-kisah tentang perjuangan putera puteri negeri ini waktu itu. Apa yang telah kita lakukan sebagai penerus bangsa di masa yang telah merdeka dan bebas dari penjajahan?

Apakah kita hanya akan memperingati hari Proklamasi kemerdekaan negeri ini dengan acara formal seperti biasanya, mengikuti upacara bendera dan lain sebagainya secara formalitas tanpa nilai yang betul-betul terkandung dalam segala kegiatan untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah mengorbankan jiwa raga, serta harta mereka untuk membebaskan negeri ini dari para penjajah.

Penjajahan, apakah negeri ini benar-benar bebas dan terlepas dari penjajahan? Atau kata merdeka dan bebas dari penjajahan hanya sebuah slogan.

Secara meliter mungkin kita terlepas dari penjajah, namun apakah dari segi lain kita sudah bebas dan merdeka?

Kenapa kalimat-kalimat seperti ini yang terlepas begitu saja, entahlah apa yang sedang melanda pada otak ini. Semoga pada HUT RI Ke 67 kali ini, kita dapat berbuat lebih baik untuk menjadikan kita dan negeri ini terlepas dari segala bentuk penjajahan.

DIRGAHAYU RI KE67
dan
SELAMAT IDUL FITRIH 1433H

Mohon maaf jika kurang berkenan atas segala khilaf dan kebodohan dalam berbagai posting yang telah diterbitkan
Sebagai penutup artikel kali ini, saya mengucapkan banyak terima kasih atas kesediaan para sahabat untuk mengunjungi Blog CITRO MDURO dan membaca tulisan yang bertajuk 67 Tahun Sudah Negeri Ini Merdeka Lepas Dari Penjajahan, walaupun bukan tulisan insiratif dan kurang inovatif yang dapat memberikan inspirasi bagi para pembaca ataupun anda sekedar lewat karena tersasar dan terdampar pada tulisan tersebut. Kami sangat berterima kasih karena anda sudah berkenan walaupun mungkin sangat terpaksa. Silahkan tinggalkan jejak anda untuk menjalin silaturahmi, atau temukan yang anda cari melalui G O O G L E dan salam jabat erat dari PAMEKASAN MADURA

0 komentar:

Posting Komentar