Down Grade Computer Terasa Lebih Nyaman

Jam disudut bawah layar monitor tertulis angka 10.10 yang mungkin saja berarti jam 10 lebih 10 menit malam ini. Lho kok masih mungkin ya? Menuliskan mungkin karena bisa saja orang lain menafsirkan arti kata tersebut berbeda dengan penafsiran saya.

Postingan kali bukan tentang bisnis online seperti yang dibahas pada postingan sebelumnya. Seputar keluh kesah mungkin ada keterkaitan walaupun sepertinya tidak akan berkesah-kesah ria disini pada kesempatan ini. Keluh kesahnya kemaren malam.

Kemaren malam maunya mengerjakan Tugas Akhir biar segera terselesaikan. Sambil membukan file Microsoft Word yang sudah terisi beberapa halaman, membuka mesin telusur untuk mendapatkan sedikit referensi. Waduh kenapa lelet banget dan gerak mouse malah sering tersendat. Mencoba menutup aplikasi pemutar musik yang cuma satu-satunya bawaan windows sepen Operating System waktu itu. Menutup pemutar lagu tidak membantu. Resource CPU dipergunakan terlalu banyak. Ada apa gerangan?

Maklum namanya juga komputer butut dengan RAM yang sudah ketinggalan jaman cuma sak gibik. Maksa sih pingin browsing, mengetik, dengerin musik dengan tampilan windows sepen bajakan. Seharusnya bisa lancar jika kondisi perangkat masih gress dengan CPU 2,1 GHz  Intel Pentium T4300, tapi jika sudah lawas dan pernah ketumpahan secangkir kopi apa boleh buat. Langkah down grade dijadikan solusi.

Proses menurunkan versi sistem operasi windows sepen menjadi windows XP akhirnya terlaksana semalam. Berhubung DVD room bermasalah, pinjam DVD external, banyak data yang perlu diamankan, Pinjam HDD external. Semuanya serba pinjam termasuk Windows XP SP3 installer pinjam juga.

Proses install tidak serta merta langsung dilakukan dengan setting boot device dan dijalankan. Saya harus backup data, kemudian menghapus partisi windows sepen sebelumnya. Proses penghapusan biar tidak bingun masih dengan bootable windows sepen. He.. he.. setelah dihapus baru install windows xp SP3. Dari hasil proses downgrade tersebut sepertinya lebih nyaman. Penggunaan resource CPU masih diambang batas normal. Soal RAM karena memang terbatas dan kurang memadai dengan keinginan saya.

Biar ada gambarnya juga posting ini, pasang sistem properties komputer ah.
System Properties Computer

Sebagai penutup artikel kali ini, saya mengucapkan banyak terima kasih atas kesediaan para sahabat untuk mengunjungi Blog CITRO MDURO dan membaca tulisan yang bertajuk Down Grade Computer Terasa Lebih Nyaman, walaupun bukan tulisan insiratif dan kurang inovatif yang dapat memberikan inspirasi bagi para pembaca ataupun anda sekedar lewat karena tersasar dan terdampar pada tulisan tersebut. Kami sangat berterima kasih karena anda sudah berkenan walaupun mungkin sangat terpaksa. Silahkan tinggalkan jejak anda untuk menjalin silaturahmi, atau temukan yang anda cari melalui G O O G L E dan salam jabat erat dari PAMEKASAN MADURA

0 komentar:

Posting Komentar