Yuk Belajar Analisa SEO

Selamat pagi, selamat beraktifitas semuanya. Apa mungkin yang lagi beraktifitas membaca posting ini ya? Selamat siang, atau selamat sore, kapanpun anda menemukan posting ini. Selamat membaca semoga bermanfaat.

Kali ini bukan tentang foto lucu seperti sebelumnya, atau kegalauan dan membiarkan jari jemari menari begitu saja. Tetap seperti biasa tanpa konsep, menulis apa adanya, menulis semampunya, dan yang paling jelas sebisanya.  Semampunya dan sebisanya hanya itu yang bisa saya lakukan.

Tidak sedang nongkrong di warung, tapi sudah menikmati secangkir kopi panas pagi hari ini. Sebelum mempersiapkan diri untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang bakal di ajukan beberapa jam nanti (jika ada dari siswa). Santapan ringan pagi hari ini bagi yang mau belajar SEO. Bagi para master harap memberikan koreksi bukan menjatuhkan kemampuan yang saya miliki.

Oke mari kita mulai pelajaran bukan tutorial ini. Menganalisa SEO Score sebuah website/blog. ini berdasarkan pengalaman yang sudah saya praktekkan.
  1. Saya asumsikan anda mempergunakan Mozilla firefox, seperti yang saya pergunakan
  2. Menginstal add-ons tambahan. SEO Doctor. klik tools -->> add-ons -->> Searh add-ons -->> Install/download
  3. Selesai menginstall biasanya kita diminta untuk merestart browser kita. Restart aja langsung
Oke udah langkah instalasi add-ons SEO Doctor. Cara memfungsikan tergolong mudah sih. Jika kita sudah memasang add-ons tersebut, pada baris navigation toolbars akan menemukan gambar bendera setelah baris URL sebuah website/blog, seperti gambar berikut:

SEO Doctor Flag

Warna bendera bisa berubah sesuai dengan score SEO pada page yang sedang terbuka. Klik icon bendera pada navigation seperti gambar diatas yang diberi lingkaran merah, hasilnya kurang lebih seperti berikut:
SEO Doctor Report
Kebetulan page yang saya jadikan contoh memiliki score 100%. Berdasarkan report tersebut untuk mencapai score 100% ada beberapa ketentuan, kurang lebihnya sebagai berikut:
  1. Semua elemen gambar pada sebuah halaman website/blog memiliki attribute alt=""
  2. Terpasang script web analytics
  3. Loading blog cepat. kapasitas blog dan kecepatan akses sebuah blog merupakan penunjang keberhasilan optimasi SEO juga
  4. Memiliki 1 tag H1, dan dan ikuti dengan tag H2. Ada sebagian pendapat yang memasang tag H1 pada title blog, dan pada single post H1 terpasng sebagai title post. Untuk yang ini saya belum bisa menerapkan. Pusing dan bikin lunglay utak-atik HTMLnya.
  5. Terpasang meta tag Deskription dan meta tag Keyword
  6. Blog mengijinkan robot melakukan index/crawl
  7. SEO Friendly URL
  8. Page rank flow lebih dari 50%
  9. Title tag tidak lebih dari 11 kata dan 70 character
  10. Jumlah link pada sebuah halaman. Yang dimaksud pada jumlah link pada bagian ini adalah perbandingan antara internal link (link antar page pada blog itu sendiri), dengan eksternal link (link yang mengarah keluar blog). Blog yang baik menurut add-ons ini jumlah internal link harus lebih tinggi dari eksternal link.
Informasi ringan bagi yang belajar SEO, semoga bermanfaat. Sekali lagi saya tekankan ini bukan tutorial. Penulis juga masih perlu banyak belajar, buktinya blog ini juga masih memiliki trafik segelintir, itupun berasal dari referal link blogwalking.. Selain 10 poin diatas, masih banyak faktor lain kunci keberhasilan penerapan SEO.

    Terima kasih anda telah berkenan untuk melihat Blog CITRO MDURO dan membaca tulisan yang bertajuk Yuk Belajar Analisa SEO, ataupun anda sekedar lewat karena tersasar dan terdampar pada tulisan tersebut. Kami sangat berterima kasih karena anda sudah berkenan walaupun mungkin sangat terpaksa. Silahkan tinggalkan jejak anda untuk menjalin silaturahmi, atau temukan yang anda cari melalui G O O G L E dan salam jabat erat dari PAMEKASAN MADURA

    0 komentar:

    Posting Komentar