Komputerku Sepertinya Mengalami Over Heating

Kali ini bukan masalah resolusi seperti pada posting terdahulu ataupun membahas tentang Warung Blogger, Terlebih Cerita Dewasa yang serba hot. Ini adalah pengalaman dengan PC yang mengalami Over Heading yang pasti juga hot dan panas dong. Hem sebelum lebih jauh tentang pengalaman ini, sedikit berbagi informasi tentang over heading pada sebuah komputer.

Over Heading adalah kejadian panas berlebih pada sebuah perangkat bernama komputer melebihi panas yang seharusnya. Sebetulnya bukan cuma pada komputer atau laptop hal ini bisa terjadi, pada berbagai perangkat elektronik kejadian ini bisa terjadi menggalami panas melebihi panas yang seharusnya. Namun pada kesempatan ini saya hanya mencoba bercerita tentang over head yang dialami komputer yang saya ajak untuk berselancar dan melakukan oprak oprek serta obok-obok blog ini.

Berapa suhu normal sebuah PC untuk performa terbaik? untuk hal ini saya sendiri kurang paham, namun yang jelas performa komputer terasa menurut dan saya rasakan panas pada keyboard, kebetulan yang saya pergunakan adalah laptop lebay dengan monitor external (alasan LCD pecah) Acer Aspire 4732Z. Hal ini saya rasakan siang tadi dengan performa yang sangat lamban dan very-very slow.

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan over heating (panas berlebih) pada sebuah komputer, antara lain:
  1. Tidak berfungsinya dengan baik sistem pendingin. Jika hal ini terjadi, cek fan procesor pada headsink, apakan berfungsi dengan baik atau tidak.
  2. Debu pada heat sink dan komponen yang lain. Untuk hal ini tentu harus membukan heat sink dan membersihkan debu yang nempel, dicuci dengan air juga tidak masalah asal dikeringkan sebelum dipasang. Bersihkan juga debu-debu pada komponen yang lain.
  3. Heat sink tidak menempel dengan baik pada kepala prosesor. Hal ini menyebabkan sistem pendingin prosesor tidak bekerja dengan baik. Buka heat sink dan tambah paste pada kepala heat sink, saya pernah mempergunakan pasta gigi dan bertahan lama juga kok.
  4. Serangan Virus. Nah bagian ini yang paling menjengkelkan. sistem menjadi berantakan sehingga PC harus berkerja ekstra untuk meload aplikasi yang tidak dikehendaki. Bahkan virus dapat menyerang sistem registry yang dapat merusak perangkat. Update database antivirus tentu sangat penting.
Tentunya masih banyak hal lain yang menyebabkan over heating pada perangkat komputer kita. Hanya ini yang bisa saya bagikan dengan para sahabat. Kepada para pakar IT jika ada kekeliruan dalam informasi ini mohon pencerahan.

Berikut penampakan Acer Aspire 4732Z dengan eksternal monitor yang menjadi slim CPU, he.. he..


Terima kasih anda telah berkenan untuk melihat Blog CITRO MDURO dan membaca tulisan yang bertajuk Komputerku Sepertinya Mengalami Over Heating, walaupun bukan tulisan insiratif dan kurang inovatif yang dapat memberikan inspirasi bagi para pembaca ataupun anda sekedar lewat karena tersasar dan terdampar pada tulisan tersebut. Kami sangat berterima kasih karena anda sudah berkenan walaupun mungkin sangat terpaksa. Silahkan tinggalkan jejak anda untuk menjalin silaturahmi, atau temukan yang anda cari melalui G O O G L E dan salam jabat erat dari PAMEKASAN MADURA

0 komentar:

Posting Komentar